Sukses

Jessica Chastain Bintang Interstellar Sampaikan Dukungannya Untuk Protes Iran Mahsa Amini

Melalui akun twitternya @jes_chastain, dia memberikan dukungan untuk para wanita di Iran.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa hari belakangan ini nama Mahsa Amini mulai sering terdengar di internet. Melalui tagar #MahsaAmini, penduduk Iran meminta perhatian dunia untuk meninggalnya wanita Iran ini setelah ditangkap oleh polisi moral.

Dukungan kemudian datang dari penjuru dunia. Salah satunya dari Jessica Chastain yang terkenal dalam film-filmnya seperti Interstellar (2014), It Chapter Two (2019), dan The Eyes of Tammy Faye (2021).

Melalui akun twitternya @jes_chastain pada Senin (26/9/2022), dia memberikan dukungan untuk para wanita di Iran. “#MahsaAmini adalah wanita Iran yang dipukuli sampai mati minggu lalu di ‘pusat pendidikan ulang’ karena tidak mengenakan jilbabnya dengan benar.”

“Kematiannya menyebabkan ribuan orang Iran turun ke jalan, menuntut berakhirnya kekerasan dan diskriminasi terhadap perempuan,” tulis pemenang Oscar 2022 untuk nominasi Best Actress ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Situasi Para Pengunjuk Rasa

Di tweet yang sama, dia juga menjelaskan sedikit situasi para pengunjuk rasa di Iran, yang memang diketahui banyak turun ke jalan dan mengalami kekerasan juga karena meminta keadilan untuk kasus Mahsa Amini.

“Puluhan pengunjuk rasa telah tewas,” ucapnya. “Dalam upaya untuk menenangkan keramaian (protes ini), wartawan di lapangan ditangkap, dan Publik Islam Iran telah mematikan internet. Tapi rakyat Iran tidak akan bungkam,”

3 dari 4 halaman

Solidaritas Antar Wanita

Aktris berusia 45 tahun ini kemudian menunjukan kesolidaritasannya untuk para kaum wanita. Dia akan mendengar dan mendukung protes yang dilayangkan.

“Saya berdiri (mendukung) dengan para wanita Iran dan akan memperkuat suara (protes) mereka dari jauh. Ketika satu wanita diserang, itu berarti serangan terhadap semua wanita,” tulisnya diikuti emoji cinta berwarna hitam.

4 dari 4 halaman

Berterima kasih

Karena dukungan yang disampaikan ini, Jessica Chaistain mendapatkan banyak terima kasih dari warga Iran. Mereka senang suara mereka akhirnya didengar.

Mereka juga berharap bintang-bintang Hollywood lainnya dapat memberikan dukungan yang sama terhadap kasus Mahsa Amini ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.