Sukses

Penuh Haru, Ini Cerita Mila Alawiyah hingga Jadi Public's Favorite Beauty Star on TikTok

Liputan6.com, Jakarta Terkadang, perjalanan hidup tak semulus yang dibayangkan. Ekspektasi terkadang kalah dengan realita. Ada banyak tantangan yang harus dilalui dan suka duka yang harus dijalani. Kita, hanya bisa memupuk mimpi dan berusaha memberikan yang terbaik dalam hidup yang dilewati. 

Tidak terkecuali, Mila Alawiyah, seorang konten kreator bercentang biru yang memiliki jumlah pengikut 4,4 juta di TikTok @milaalawiyah. Perjalanan hidup mantan Mojang Jajaka Bogor tahun 2017 ini bisa dibilang seperti roller coaster. Pernah berada di titik terendah dalam hidup sudah dirasakan, dan berada di posisi yang berbanding terbalik 360 derajat pun sekarang dirasakan.

Hasil yang didapatnya sekarang, bukan tiba-tiba turun dari langit. Bukan hanya berasal dari rebahan semata, tetapi ada proses yang dijalani secara baik dan konsisten. Dengan konsistensinya tersebut, Mila Alawiyah menjadi pemenang dalam kategori Public's Favorite Beauty Star on TikTok. 

Mau tahu suka duka Mila Alawiyah hingga menjadi pemenang dalam kontes tersebut dan bisa membanggakan orangtuanya? Baca di bawah ini ya lur!

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Lewati Masa Terendah dalam Hidup

Mila Alawiyah bukan terlahir dari keluarga yang serba berkecukupan, tapi ia berasal dari keluarga yang biasa-biasa saja. Masalah yang berhubungan dengan ekonomi keluarga pun tak luput dari perjalanan hidupnya.

Ia pernah merasakan bagaimana titik terendahnya dalam hidup, sampai Mila pernah ingin menyerah dengan keadaan. Ya, itu terjadi ketika ia tak mampu untuk membayar uang kuliah. Sebuah fase yang krusial.

Tapi itu tak menyurutkan tekadnya untuk keluar dari keadaan sulit. Ia berusaha semaksimal mungkin untuk mencari beasiswa demi melanjutkan perkuliahannya dan bekerja serabutan untuk menutupi kekurangan ekonominya.

Perjuangan Orangtua untuk Mila

Sempat disinggung di awal, Mila terlahir bukan dari keluarga yang berkecukupan. Orangtuanya hanya berprofesi sebagai pedagang bakso di Bogor. Ketika Mila mengalami fase terendah dalam hidupnya (tak mampu membayar uang kuliah) orangtuanya pun berjuang dengan penuh ketulusan.

Satu-satunya aset yang dimiliki keluarganya saat itu adalah sepeda motor. Ayahnya rela dengan penuh ketulusan untuk menggadaikan sepeda motor miliknya untuk membiayai kuliah Mila. Di sini, kita melihat bagaimana perjuangan orangtua untuk Mila yang teramat besar, demi sang anak meraih kesuksesannya seperti sekarang.

3 dari 3 halaman

Jadi Mojang Jajaka Bogor

Hari esok, tak ada yang tahu bagaimana berjalannya. Yang kita tahu sebagai manusia adalah melakukan yang terbaik di hari ini. Itu juga yang dilakukan Mila.

Ketika suka duka dalam hidup mulai bermunculan, dengan usaha kerasnya dan juga doa dari orangtuanya, Mila Alawiyah, pada tahun 2017 sukses dinobatkan menjadi Mojang Jajaka Bogor. Hasil tersebut, bukan berasal dari mimpi belaka, tapi ada usaha yang terus dijalankan.

Langkah maju, telah dibuat Mila. Ia berhasil mengangkat namanya dan juga nama keluarga di belakangnya. Dari menjadi Mojang Jajaka Bogor, lambat laun, pekerjaan yang mampu membantu perekonomian dirinya dan keluarga semakin terbuka lebar.

Mulai Buat Konten Makeup di TikTok

Mila menangkap peluang dan kesempatan yang ada. Pada tahun 2018, ia mulai terjun ke dunia media sosial. Dan pada tahun 2021, ia mulai fokus untuk membuat konten makeup di TikTok. Ketika ia mulai membuat konten makeup, tantangan pun masih bermunculan.

Ya, pada awal ia membangun kesuksesan di TikTok, Mila membeli perlengkapan untuk membuat konten dan belajar makeup sendiri. Selain itu, ia mulai menghibur warganet di TikTok dengan bakat yang bisa dibilang tidak berlebih.

Mila pun memiliki tekad yang kuat untuk bisa makeup sendiri. Di awal fokus membuat konten, sudah ratusan kali percobaan yang ia lakukan berujung pada kegagalan. Tapi, Mila tidak pernah menyerah dan terus percaya diri untuk ‘ngonten’. 

Dengan tekadnya yang besar dalam membuat konten makeup di TikTok, ia mulai berhasil meraih apa yang ia mimpikan selama ini. Dari mulai membeli mobil pertamanya, bangun ruko cabang Bakso Mojang yang ke-2, membeli beberapa petak tanah, ajak keluarga vakansi kapanpun, dan membuat bangga orangtuanya dengan menaikkan haji mereka.

Dari Mila Alawiyah, kita bisa belajar, bagaimana konsistensi dalam berjuang melewati dukanya kehidupan dan memberikan yang terbaik terhadap apa yang kita lakukan, akan memberikan dampak baik terhadap orang di sekitar.

Melalui TikTok, konsistensi dalam membuat konten makeup, ia berhasil meraup atensi yang sangat banyak dari warganet. Beberapa kali, kontennya pun berhasil mencapai FYP. Dan tak lupa, hidupnya pun berbanding terbalik 360 derajat, berkat kerja kerasnya dalam membuat konten di TikTok hingga kini.

Pada akhirnya, usaha keras itu tiada khianati hasil. Dan itu terbukti dari kisah Mila Alawiyah, yang di tahun 2022 ini menjadi Public's Favorite Beauty Star on TikTok! Selamat!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.