Sukses

Gekrafs Depok Festival 2022 Berikan Wadah Bagi Kreator Stand Up Comedy, Festival Budaya dan Pentas Musik

Gekrafs DPC Kota Depok berkomitmen membantu pengembangan pelaku 17 subsektor ekonomi kreatif, seperti kuliner, kriya, musik, fesyen, aplikasi, seni rupa, TV dan radio dan masih banyak lagi.

Liputan6.com, Jakarta Gekrafs Depok Festival 2022 merupakan serangkaian acara pelantikan pengurus Gekraf Depok periode 2022 – 2025. Gekraf DPC Depok diketuai oleh Aditya M. Ridwan

Kegiatan Gekrafs Depok Festifal 2022 dilaksanakan pada 27 Agustus 2022 mulai 7.30 WIB sampai selesai di GRAHA INSAN CITA di JL. Prof. Lafran Pane No. 100, Bakti Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat.

Panitia menghadirkan puluhan pelaku UMKM dari berbagai subsektor seperti kuliner, kriya, musik, fesyen, seni rupa, TV dan radio, penerbitan, design interior, pertunjukan seni, fotografi, film animasi dan video, arsitektur.

Puluhan UMKM tersebut meggelar lapak disepanjang jalan masuk menuju arena pelantikan Gekraf DPC Kota Depok.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Palang Pintu Betawi

Acara Gekrafs Depok Festival 2022 dibuka dan dimulai dengan penampilan perform palang pintu Betawi Kota Depok, perform subsetor musik bersama artis lokal, perform Tarian Betawi oleh penari dua putri Depok.

Dilanjutkan prosesi pelantikan pembacaan janji setia kepada NKRI dan memajukan ekonomi kreatif Indonesia. diakhiri dengan penyerahan Panji Gekrafs dari Pasuka Pengibar Bendara (Paskibrakan Putra Kota Depok) kepada ketua DPC Gekraf Aditya M. Ridwan.

Dalam orasi perdana dihadapan semua pengurus yang hadir, Aditya M. Ridwan berkomitmen, Gerakan Komunitas Bekraf DPC Kota Depok sangat peduli serta melakukan upaya memerdekakan insan-insan sosial kreatif dari kungkungan, batasan-batasan yang selama ini membuat keadaan menjadi kaku, susah bergerak dan akibatnya generasi muda kreatif susah untuk tumbuh.

 

3 dari 4 halaman

Tulang Punggung Ekonomi Nasional

"Perlu diketahui, generasi pelaku Ekonomi Kreatif saat ini menjadi tulang punggung ekonomi nasional. Pendapat tersebut bukan isapan jempol belaka. Kita tahu, perubahan zaman tidak bisa dibendung. Zaman semakin cepat berubah. Tantangan dan potensi ekonomi berjalan beriringan. Apabila generasi muda tidak bisa mengikuti akan tertinggal. Begitu sebaliknya, apabila generasi muda Indonesia kreatif, dapat dipastikan bisa memanfaatkan peluang yang ada," kata Aditya M. Ridwan.

Ia menilai, di zaman teknologi canggih seperti saat ini banyak peluang yang bisa digali. Peluang yang paling mudah adalah menjadi pelaku konten kreator youtube.

"Di Youtube siapapun bisa mengeksplore nalar kreatif berbasis multimedia. Mau itu stand up, penyanyi, pelawak, gelar budaya, atau menawarkan jasa sekalipun. Belum lagi kesempatan yang ada bagi pelaku UMKM. Mereka bisa melakukan jualan dengan cara lebih kreatif dan menguntungkan, yakni melalui marketplace," Aditya M. Ridwan menambahkan.

 

4 dari 4 halaman

Sambutan Sandiaga Uno

Aditya M. Ridwan juga berharap, pemerintah Kota Depok bisa memberi ruang, memberi wadah kepada generasi ekonomi kreatif. Kunci menyukseskan program tersebut adalah berkolaborasi.

"Kehadiran kita semua ditengah masyarakat yang mempunyai wewenang, pemangku kebijakan, stakeholder dan siapapun yang lebih beruntung, berkolaborasi membangun ekonomi kreatif," dia menjelaskan.

Gekrafs Depok Festival 2022 juga dihadiri oleh Ketum DPP Gekrafs Bro Kawendra Lukistian, Ketua DPW Gekrafs Jabar Kang Avip Firmansyah, Sekretaris Jabar Kang Agung dan  Kang Henri Wakil Ketua dari Gekrafs Jabar.

Dalam kesempatan Kegiatan Gekrafs Depok Festifal juga hadir Ketua Dewan Pembina Sandiaga Uno melalui virtual. Dalam sambutannya secara virtual, Sandiaga Uno mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya Bekraf DPC Kota Depok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.