Sukses

Sarwendah Ungkap Penyakit Kista di Otaknya Berbahaya: Kalau Pecah dan Terjadi Apa-Apa, Ya Mungkin Bisa Lewat

Liputan6.com, Jakarta - Penyakit kista yang ada di batang otak Sarwendah tak bisa dianggap sepele. Istri Ruben Onsu itu menyebut penyakitnya masuk dalam kategori berbahaya.

Saat menjadi bintang tamu di program For Your Pagi, Sarwendah blak-blakan mengenai penyakit kista di batang otak yang diidapnya. Awalnya, kata mantan personel girlband Cherrybelle, ia hanya merasakan sakit kepala sebelah.

Karena seringnya mengalami sakit kepala yang kerap disebut migrain itu, Sarwendah mulai merasakan ada yang tak beres di bagian kepalanya.

"Setelah aku flashback, itu (sakit kepala sebelah) sudah dari tahun 2017," kata Sarwendah seperti melalui YouTube Trans7 Official yang ditayangkan 11 Agustus 2022.

Sarwendah semakin yakin ada masalah di bagian kepalanya tatkala pusing yang menyerangnya tak pernah absen. Dalam dua tahun terakhir, kata dia, ia makin sering mengalami sakit kepala.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bisa Meninggal Dunia

Sarwendah menjelaskan, ia merasa beruntung penyakit kista yang ada di batang otaknya bisa segera terdeteksi oleh medis.

Sebab, ia menyambung, ada efek berbahaya yang ditimbulkan oleh kista tersebut apabila tak diketahui oleh penderitanya.

"Ya berarti kalau dia (kista) amit-amit pecah atau dia terjadi apa-apa, ya mungkin bisa lewat (meninggal)," Sarwendah membeberkan.

 

 

3 dari 4 halaman

Organ Tubuh Terganggu

Jika tak ditangani dengan serius, Sarwendah mengaku bisa mengalami masalah pada bagian tubuhnya. Karena menyerang bagian otak, kista tersebut bisa melumpuhkan sistem motorik yang mengatur kinerja organ tubuh.

"Karena batang otak kita keseimbangannya di situ (mengontrol organ tubuh). Mungkin matanya akan miring sebelah, berdiri juga nggak bisa lurus, dengar pun mungkin nggak bisa," Sarwendah menguraikan.

 

4 dari 4 halaman

Belum Disarankan Operasi

Sarwendah merasa beruntung dokter yang memeriksa penyakitnya tak langsung menyarankan untuk melakukan operasi.

Saat ini, kata Sarwendah, dokter sedang melakukan observasi untuk memantau ukuran kista yang ada di bagian batang otak ibu tiga anak ini.

"Ini baru satu bulan kata dokter baru observasi dlu jadi tiga sampai enam bulan kemudian baru cek lagi apakah itu membesar atau dia disitu saja dan tidak mengganggu tidak membesar ya diemin saja," Sarwendah menjelaskan.

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS