Sukses

Ridwan Kamil Baru Tahu Nasihatnya Tentang Musuh Dalam Kehidupan dan Manusia Bermanfaat Dijadikan Filosofi Hidup Eril

Liputan6.com, Jakarta - Satu persatu kenangan Ridwan Kamil terhadap sang putra, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril mulai terkuak. Kali ini, Ridwan Kamil, teringat nasihat yang pernah ia sampaikan kepada kedua anaknya.

Tak disangka oleh Kang Emil bahwa salah satu nasihatnya itu justru menjadi motto Eril semasa hidupnya.

Gubernur Jawa Barat ini cukup kaget mengetahui hal itu. Dan itu diketahuinya melalui sebuah video yang kemudian diunggah di akun Instagram terverifikasi miliknya, Jumat (24/6/2022).

"“MUSUHMU ADALAH DIRIMU SENDIRI”, Itu 1 dari 2 nasehat paling sering saya obrolkan kepada Eril dan Zara, agar mereka setiap hari mau berjuang melawan sisi-sisi buruk sifat manusia," tulis Ridwan Kamil.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Baru Tahu

Ridwan Kamil mengakui bahwa ia baru mengetahui bahwa sang putra kembali menceritakan nasihatnya yang menjadi filosofi hidupnya.

"Eh saya baru tau, pas video jaman SMA ini muncul, ternyata Eril pernah menceritakan nasehat tadi, yang ternyata menjadi filosofi utamanya dalam menjalani hidupnya," sambungnya.

 

3 dari 4 halaman

Ditulis

Rupanya tak hanya ditanamkan dalam hati, Eril juga selalu mengingatkan diri dalam bentuk tulisan.

"“Aa mah nulis nasehat ‘your greatest enemy is yourself’ itu besar-besar pap, di buku-bukunya juga di meja belajarnya,” ujar Zara menerangkan," tambahnya.

 

4 dari 4 halaman

Nasihat Kedua

Sementara, untuk nasihat kedua yang diberikan Ridwan Kamil untuk putra sulungnya adalah tentang manusia mulia.

"Apa nasehat ke-2? Mengutip hadist, “Eril, ingat manusia paling mulia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi masyarakat” #JejakEril," ia mengakhiri.