Sukses

Wujud Masjid Al Mumtadz Diungkap Ridwan Kamil, Di Sampingnya Ada Tempat Peristirahatan Terakhir Eril

Liputan6.com, Jakarta - Ridwan Kamil berencana untuk memakamkan mendiang putranya, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, berdampingan dengan masjid bernama Al Mumtadz.

Masjid Al Mumtadz, merupakan hasil karya Gubernur Jawa Barat ini dengan menggunakan nama putra sulungnya. Dalam unggahannya di Instagram, Ridwan Kamil membeberkan alasannya memberikan nama masjid Al Mumtadz.

"Masjid Al Mumtadz. Yang artinya terbaik. Terbaik adalah caramu menjalani hidup di dunia fana ini. Tidak sia-sia kami pilihkan nama penuh doa itu untukmu. Eril, today is Saturday. It is a good day to go home," tulis Ridwan Kamil di akun Instagramnya, Sabtu, 11 Juni 2022.

Dalam unggahan tersebut, Ridwan Kamil menampilkan sketsa gambar tentang peti jenazah, desain pemakaman, hingga desain sebuah masjid.

 

 

 

 

 

2 dari 4 halaman

Rumah Akhir

Dalam tulisannya di Instagram, Ridwan Kamil membeberkan alasan memakamkan Eril disamping Masjid Al Mumtadz.

Masjid itu, Ridwan Kamil menjelaskan, berada di daerah kampung halaman istrinya, Atalia Praratya.

"Dear Eril. Rumah akhirmu berada di sebelah masjid. Masjid yang bertempat di kampung ibumu. Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu. Dan yang terpenting, Masjid ini dinamai seperti namamu," tulis Ridwan Kamil.

 

  

3 dari 4 halaman

Dalam Perjalanan dari Swiss ke Indonesia

Sementara itu, jenazah Emmeril Kahn Mumtadz, putra Ridwan Kamil, saat ini masih dalam perjalanan ke Indonesia dari Swiss. Menurut jadwal, jenazah akan tiba di Indonesia pada Minggu (12/6/2022) sore.

Atalia Praratya, ibunda Eril, menyampaikan informasi penting terkait kedatangan jenazah Eril hingga prosesi pemakaman. Jenazah Eril akan disemayamkan dan di Gedung Negara Pakuan, Bandung, sebelum dimakamkan di Islamic Center, Cimaung, pada Senin (13/6/2022).

Hal itu diumumkan Atalia Praratya melalui unggahan di Instagram pribadinya. "Bismillah… Berikut INFORMASI rencana kedatangan, pelaksanaan sholat jenazah dan pemakaman ananda Emmeril Kahn Mumtadz," tulisnya.

 

4 dari 4 halaman

Pemakaman

Selanjutnya, jenazah akan disalatkan di tempat yang sama pada keesokan harinya sebelum diberangkatkan ke makam.

"DISEMAYAMKAN dan DISHOLATKAN di gedung negara pakuan Ahad 12.06.22 pukul 22.00 wib — senin 13.06.22 pukul 08.00 wib," sambung Atalia.

"DIMAKAMKAN di lokasi pembangunan Islamic center, Cimaung Banjaran, senin pukul 11 wib. (Gerbang ditutup pukul 10.00)," tambahnya.

Selain itu, Atalia Praratya juga mengimbau kepada masyarakat untuk berziarah di hari setelah Eril dimakamkan. Ia meminta masyarakat untuk menyaksikan prosesi pemakaman lewat media TV, radio atau YouTube.

"Untuk menghindari kemacetan dan ziarah yang lebih nyaman, kami menghimbau agar para penziarah datang di hari-hari berikutnya (selasa 14.06.22 sd ahad 19.06.22 pukul 08.00-17.00) dan menyaksikan prosesi pemakaman di media televisi, radio atau live streaming youtube," pinta Atalia.