Sukses

Jenazah Eril Anak Ridwan Kamil Akan Dimakamkan di Sebelah Masjid Al Mumtadz, di Kampung Halaman Ibunya

Ridwan Kamil menyebut jenazah Emmeril Kahn Mumtqadz atau Eril akan dimakamkan di kampung halaman ibunya, Atalia Praratya. Berikut penuturannya.

Liputan6.com, Jakarta Proses repatriasi atau pemulangan jasad Eril atau Emmeril Kahn Mumtadz, anak Ridwan Kamil tengah bergulir. Ridwan Kamil menyebut pemakaman Eril akan dilaksanakan pada Senin (13/6/2022).

Lewat unggahan di akun Instagram terverifikasinya, Sabtu (11/6/2022), suami Atalia Praratya membocorkan makam Eril. Kuburan Eril disebut sebagai tempat istimewa.

Sketsa rumah terakhir Eril diperlihatkan dalam video kolase. Di sana, tampak kuburan Eril dilingkungi taman bunga dengan latar tembok asimetris melengkung, seolah hendak memeluk makam Eril.

Tembok ini dilatari pegunungan, sawah, dan pohon rindang. Terkesan asri sekaligus sejuk. Bersama unggahan ini, Gubernur Jawa Barat menulis surat terbuka untuk almarhum Eril.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rumah Akhirmu

Dear Eril. Rumah akhirmu berada di sebelah masjid. Masjid yang bertempat di kampung ibumu. Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu,” tulis Ridwan Kamil.

Yang bikin terenyuh, masjid itu dinamai dengan nama belakang Eril, yakni mumtadz. Kata mumtadz artinya terbaik. Ini menyiratkan Eril anugerah terbaik dari Allah untuk keluarga.

3 dari 4 halaman

Masjid Al Mumtadz

Ridwan Kamil juga menyebut, terbaik adalah cara Eril menjalani hidupnya. Banyak amal yang diperbuat semasa hidup. Tak heran ribuan doa menggenang kala Eril hilang di Sungai Aare kemudian dinyatakan meninggal dunia oleh pihak keluarga.

Dan yang terpenting, Masjid ini dinamai seperti namamu. Masjid Al Mumtadz. Yang artinya “terbaik”. “Terbaik” adalah caramu menjalani hidup di dunia fana ini,” imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Ke Negeri Para Wali

Diberitakan sebelumnya, Ridwan Kamil mengabarkan bahwa jenazah Eril akan diterbangkan ke Tanah Air pada Sabtu (11/6/2022) waktu Swiss. Ini waktu yang tepat untuk benar-benar pulang.

Dear Eril, saatnya kamu pulang ke negeri untaian doa. Ke negeri para Wali yang salah satunya adalah leluhurmu,” ungkap bintang film Dilan 1990 di medsos, hari yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.