Sukses

RAN Kenang Masa Ketika Masih Jadi Band Pembuka dalam Rangkaian Java Jazz Festival

RAN termasuk satu dari sekian banyak musisi yang sudah beberapa kali tampil di Java Jazz Festival.

Liputan6.com, Jakarta RAN, grup musik yang beranggotakan Rayi, Asta, dan Nino, kembali berkesempatan mengisi panggung Java Jazz Festival 2022. RAN termasuk satu dari sekian banyak musisi yang sudah beberapa kali tampil di Java Jazz Festival.

Namun, rupanya bukan hal yang mudah bagi RAN untuk bisa ada di posisi seperti sekarang. Di awal, mereka menjadi band pembuka dalam rangkaian Java Jazz Festival.

Oleh karenanya, Java Jazz Festival ini tentunya menjadi momen bersejarah bagi karier RAN di dunia musik Tanah Air.

"Java Jazz Festival ini spesial buat kita. Kita dari 2007 pertama kali manggung, kita belum punya album, tapi kita ikut sebuah lomba band," ujar Rayi di panggung Java Jazz Festival 2022, Jumat (27/5/2022).

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sayembara

Nino menambahkan bahwa saat itu, RAN memang manggung di acara Java Jazz Festival. Namun rupanya, RAN hanya mengisi acara untuk rangkaian pembuka festival Java Jazz.

Dengan kata lain, mereka sebenarnya bukan bagian dari artis yang manggung di Java Jazz Festival.

"Ada sayembara dulu, yang lolos manggung di Java Jazz Festival. Terus kita lolos, terus nanya, kita manggung jam berapa? Kita manggung jam 3 sore. Kalian semua tahu kan Java Jazz Festival mulai jam 5. Kita enggak apa-apa, tapi kayak cuma rangakain Java Jazz Festival doang, bukan manggung di dalam Java Jazz Festival-nya," jelas Nino.

3 dari 4 halaman

Langsung Terwujud

Kala itu, mereka berjanji bahwa suatu saat nanti, RAN bisa mengisi panggung utama di festival musik jazz terbesar di Indonesia. Benar saja, setahun setelahnya, RAN sudah bisa masuk ke line up utama Java Jazz Festival.

"(Setelah manggung) kita masuk ke sebuah hall besar nonton Maliq & D'essentials di panggung yang besar. Kita lihat kayak, 'wow' dan mikir 'kapan ya kita bisa manggung di sini?'" tutur Rayi.

"Salah satu dari kita bilang, 'kita pasti bisa'. Tapi kita tahun depan (2008) ternyata manggung di sini (Java Jazz Festival)," tambahnya lagi.

4 dari 4 halaman

Line Up

Java Jazz Festival 2022 diselenggarakan pada 27, 28 dan 29 Mei. Bertempat di JiExpo Kemayoran, Jakarta, JJF telah menyiapkan penampilan di sembilan panggung yang akan dibangun dan tersebar di area festival. Ada tiga penampil special performance, yakni Jojo, PJ Morton, dan The Temptation.

Selain RAN, banyak artis lain yang tampil di BNI Java Jazz 2022 hari pertama. Mulai dari Andmesh, Erwin Gutawa, hingga Vina Panduwinata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.