Sukses

Kronologi Kiki Fatmala Kena Kanker Paru-paru Stadium 4, Berawal Inisiatif Suami Memasukkan Cancer Marker

Liputan6.com, Jakarta Kiki Fatmala akhirnya buka kartu soal vonis kanker paru-paru stadium 4 yang diterimanya dari dokter beberapa bulan silam. Ini berawal dari inisiatif suami memasukkan cancer marker dalam daftar general checkup yang hendak dijalani Kiki Fatmala.

Bintang film Gadis Malam dan Gairah Terlarang rutin menjalani general checkup tiap tahun. Kali terakhir ia cek kesehatan pada 2019. Tahun 2020 absen akibat pandemi Covid-19 tiba di Indonesia.

Tahun lalu, Kiki Fatmala mengajak suami general checkup ke salah satu rumah sakit. Mendapati dua sahabat divonis kanker, sang suami tergerak mengajak Kiki Fatmala menjalani pemeriksaan dengan cancer marker.

“Tahun 2021, aku bilang sama suami aku kita general checkup, yuk? Temannya suami aku kena sakit kanker, ada dua orang laki-laki. Terus dia bilang begini: Kayaknya kamu nanti general chekcup aku mau masukin cancer marker-nya,” kata Kiki Fatmala.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

General Checkup Biasa

Melansir dari video wawancara di kanal YouTube Maia Al El Dul TV, Jumat (13/5/2022), Kiki Fatmala mengaku selama ini tak pernah terpikir menjalani pemeriksaan dengan cancer marker karena merasa fisiknya baik-baik saja.

“Sebelum-sebelumnya tuh enggak pernah. Cuma general checkup biasa. Akhirnya dicek, kita ke rumah sakit dicek semua pas keluar hasilnya, ada sesuatu di paru-paru. Masih: apa, nih? Dilanjutin di CT Scan ternyata dokter bilang: wah ini kayaknya kanker,” urainya.

3 dari 4 halaman

Belum Tahu Stadium Berapa

Mendengar dokter menduga kanker, bintang sinetron Noktah Merah Perkawinan syok berat. “Tapi belum tahu stadium berapa. Dengar kanker saja rasanya tuh duh takut. Tapi aku belum tahu kalau stadium 4,” Kiki Fatmala mengenang.

Pemeriksaan medis berlanjut. Kali ini dengan pap scan yang hasilnya dirilis satu atau dua hari kemudian. Selama menanti hasil pap scan, Kiki Fatmala tak nafsu makan dan tak nyenyak tidur.

4 dari 4 halaman

Suamiku Menangis

“Pas mau ambil hasil pap scan itu, suami aku bilang begini: Sudah kamu enggak usah ikut ke rumah sakit. Kamu di rumah saja atau kamu pergi gym sana deh,” papar Kiki Fatmala panjang.

“Pas aku pulang dari olahraga, suami aku datang. Terus dia bilang katanya begini. Dia mau ngomong stadium 4 air matanya sudah keluar belum ngomong aku sudah tahu nih,” pungkasnya.