Sukses

Choky Sitohang Ogah Kembalikan Uang dari DNA Pro karena Bekerja Profesional Bukan Diberikan Sukarela

Liputan6.com, Jakarta Presenter Choki Sitohang namanya ikut terseret dalam kasus dugaan investasi bodong DNA Pro, yang juga melibatkan beberapa selebritas tanah air. Pria 39 tahun itu pernah dipercaya menjadi presenter dalam acara yang digelar oleh perusahaan yang menjalankan kegiatan usaha penjualan expert advisor atau robot trading dengan menggunakan sistem multi level marketing atau MLM.

Tak seperti rekan-rekan artis yang memilih mengembalikan uang dari DNA Pro, Choky Sitohang justru menolaknya. Sebab dalam hal ini ia tidak mendapatkan cuma-cuma alias bekerja profesional sebagai presenter dalam acara DNA Pro.

Berbeda dengan Rizky Billar dan Lesti Kejora, yang mendapatkan uang Rp 1 miliar dari salah satu petinggi DNA Pro, sebagai hadiah atas kelahiran buah hatinya yang diberi panggilan Baby L.

"Kalau dimintai untuk mengembalikan uang dari hasil profesional kami, nanti dulu," kata Choky Sitohang dikutip dari kanal YouTube Toba Tv, Kamis (12/5/2022).

"Tapi secara logis, saya kerja profesional. Kerja sama antar perusahaan mereka dengan perusahaan saya, pajak sudah timbul. Kami pengajar sudah diberikan harga," paparnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Terpakai

Suami Melissa Aryani mengatakan bahwa uang pemberian DNA Pro hasil dari pekerjaannya telah habis terpakai. Ia pun menanyakan atas dasar apa uang hasil pekerjaannya harus dikembalikan ke pihak kepolisihan yang menangani kasus ini.

"Uangnya sudah kami pakai, sudah kami bayarkan pajak negara, operasional di kantor sudah keluar, terus yang mau dikembalikan apa? Atas dasar apa mesti dikembalikan," kata Choky.

3 dari 4 halaman

Bukan Hasil Cuma-cuma

Buat Choky Sitohang bila ada selebritis yang ingin mengembalikan uang dari kerja samanya dengan DNA Pro tidak masalah. Namun buatnya, ia tidak akan mengembalikan uang tersebut dengan alasan bekerja.

"Kalau ada rekan-rekan saya yang lain mengembalikan karena alasan moril, itu urusan pribadi mereka karena mungkin saja mereka menerimanya secara sukarela tanpa adanya legalitas yang jelas seperti saya yang punya legalitas," imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Selebritis dan DNA Pro

Tak hanya Choky Sitohang, beberapa selebritis tanah air namanya ikut terseret dalam kasus DNA Pro dan telah menjalani pemeriksaan penyidik Bareskrim Polri seperti Yosi Project Pop, Billy Sayhputra, Rossa, dan Ello.

Bahkan sebagian telah mengembalikan uang hasil pemberian DNA Pro seperti Ivan Gunawan yang mengembalikan uang Rp 1 miliar setelah dipercaya menjadi brand ambasador selama 3 bulan. 

Rizky Billar dan Lesti Kejora yang mengembalikan uang dari Stefanus Richard sebagai hadiah kelahiran anak pertama mereka.