Sukses

Siaran TV Digital Bakal Bikin Nyaman Menyaksikan Sajian Program SCTV dan Indosiar

Masyarakat Indonesia tengah bersiap untuk pindah siaran televisi analog ke siaran televisi digital.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah tengah mempersiapkan perpindahan dari televisi analog ke siaran televisi digital. Proses perpindahan ini dikenal melalui program Analog Switch Off (ASO) yang mulai berjalan pada 30 April 2022.

Dengan pemindahan siaran televisi digital ini, masyarakat bisa menyaksikan sajian program televisi swasta seperti SCTV dan Indosiar secara nyaman dengan kualitas gambar yang halus dan jernih. Siaran televisi digital juga memudahkan pemirsa dalam menangkap berbagai program unggulan.

Sebelumnya, Menkominfo dan jajarannya melakukan rapat dengan Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) dan seluruh stakeholder yang terlibat dalam ASO.

"Pemerintah dan LPS memiliki komitmen yang sama untuk menyelesaikan amat UU Cipta Kerja, yakni melaksanakan analog switch off sebelum tanggal 2 November 2022," kata kata Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemkominfo Ismail.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gambar dan Suara Lebih Jernih

Ada pun komitmen tersebut, Ismail melanjutkan, menurutnya sama-sama dipegang teguh dan akan dilaksanakan dengan baik.

"Kami bertekat pelaksanaan ASO berjalan dengan baik agar masyarakat bisa menikmati siaran digital yang berkualitas dari segi gambar, suara lebih jernih, dan teknologinya lebih canggih," ujar dia.

Lebih lanjut, pemerintah ingin agar pelaksanaan ASO tidak menimbulkan gejolak dan kegaduhan di masyarakat.

"Pelaksanaan ASO akan dilakukan secara hati-hati, sehingga masyarakat tetap dapat menikmati siaran hingga diselesaikannya siaran TV analog nanti," tutur Ismail.

 

 

3 dari 4 halaman

Set Top Box

Dirjen SDPPI Kemkominfo mengimbau masyarakat mulai mempersiapkan set top box (STB) atau perangkat TV yang bisa menangkap siaran TV digital, jelang penghentian siaran TV analog (analog switch off) yang dimulai 30 April 2022. 

Matrix merupakan salah satu merk yang sudah lama berkecimpung dalam dunia elektronik penangkapan siaran TV dan sudah dikenal masyarakat Indonesia.

Matrix memproduksi berbagai macam produk seperti antena parabola, antena UHF, booster, kabel, alat pengecek sinyal hingga STB yang dapat menghasilkan kualitas siaran yang lebih bersih, lebih jernih, lebih canggih, lebih banyak pilihan acaranya.

 

4 dari 4 halaman

Dipercaya Pemerintah

“Dengan bangga Matrix dipercaya oleh pemerintah melalui Kominfo untuk ikut berpartisipasi dalam program ASO, dimana Kominfo mendistribusikan Set Top Box Matrix kepada masyarakat Pulau Meranti, Provinsi Kepulauan Riau, pada tanggal 28 maret 2022,” kata Hari Julianto selaku CEO Matrix melalui keterangan tertulis, Jumat, 15 April 2022.

Set Top Box Matrix telah dilengkapi dengan Sertifikasi yang lengkap seperti Izin Postel. TKDN dan SNI.Set Top Box Matrix sudah dilengkapi juga dengan Sistem EWS (Early Warning Sistem) sebagai alat pendeteksi dini jika terjadi bencana alam seperti Gempa bumi. Banjir. Tsunami dan sebagainya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.