Sukses

Drive My Car Borong 6 Penghargaan Kelas Dunia, Termasuk Piala Oscar Film Fitur Internasional Terbaik

Meraih empat nominasi Academy Awards ke-94, Drive My Car dari Jepang akhirnya membawa pulang Piala Oscar kategori Film Fitur Internasional Terbaik.

Liputan6.com, Jakarta Sesuai prediksi para kritikus dan pemerhati film sejagat, wakil Jepang di ajang Academy Awards ke-94 alias Oscar 2022 yakni, Drive My Car membawa pulang piala Film Fitur Internasional Terbaik atau yang dulu dikenal sebagai film berbahasa asing terbaik.

Film ini bisa diakses secara legal di platform streaming KlikFilm. "Selamat kepada Drive My Car yang meraih Piala Oscar 2022. Bangga karena mewakili Asia di ajang tertinggi festival film dunia," ujar Direktur KlikFilm, Frederica, lewat pernyataan tertulis, Selasa (29/3/2022).

Karya sineas Ryusuke Hamaguchi ini telah mendapat pengakuan dari berbagai festival film. Laporan khas Showbiz Liputan6.com kali ini merangkum 6 penghargaan yang diraih Drive My Car, termasuk Oscar. Bagi yang belum menonton, yuk mampir ke KlikFilm.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Festival Film Cannes

Perjalanan keliling dunia ala Drive My Car dimulai ketika tayang perdana di Festival Film Cannes tahun lalu. Ia tak pulang dengan tangan hampa karena menang di tiga kategori.

Ketiga penghargaan yang dimaksud yakni, Skenario Terbaik untuk Ryusuke Hamaguchi dan Takamasa Oe, FIPRESCI Prize, dan Prize of the Ecumenical Jury. Sebuah pencapaian gemilang.

 

3 dari 7 halaman

2. New York Film Critics Circle

Setelah mencetak prestasi membanggakan di Festival Film Cannes, Drive My Car menjadi primadona sejumlah festival film tua di AS. Ia berjaya di National Society of Film Critics (NSFC).

Pencapaian lain ditorehkannya di New York Film Critics Circle (NYFCC). Di sana, ia menang Film Terbaik. Gelar dari NYCFF memuluskan jalan Drive My Car di Negeri Paman Sam.

 

4 dari 7 halaman

3. Los Angeles Film Critics Association

Los Angeles Film Critics Association (LAFCA) menobatkan Drive My Car sebagai Terbaik. Sebagai gambaran untuk Anda, LAFCA, NSFC, dan NYFCC adalah tiga penghargaan kritikus paling bergengsi di AS.

Drive My Car film berbahasa asing pertama yang meraih Film Terbaik di tiga ajang ini. Sebelumnya, hanya enam film yang memetik kemenangan di tiga ajang tersebut yakni Goodfellas, Schindler’s List, L.A Confidential, The Social Network, dan The Hurt Locker.

 

5 dari 7 halaman

4. Golden Globe Awards

Meski diwarnai sejumlah kontroversi, Golden Globe Awards 2022 mengumumkan daftar pemenang via jalur virtual. Drive My Car menang di kategori Film Berbahasa Asing Terbaik.

Ia menjinakkan empat kandidat kuat lain yakni Compartment No. 6 (Finlandia), The Hand of God (Italia), A Hero (Prancis), dan Parallel Mothers yang dibintangi Penelope Cruz (Spanyol).

 

6 dari 7 halaman

5. BAFTA

Ajang penghargaan insan film tertua di Inggris, BAFTA Awards 2022, menghadiahi tiga nominasi untuk Drive My Car, yakni Skenario Adaptasi, Sutradara, dan Film Berbahasa Non-Inggris Terbaik.

Kategori terakhir dimenangkan Drive My Car setelah menyingkirkan The Hand of God (Italia), Parallel Mothers (Spanyol), Petite Maman (Prancis), dan The Worst Person in the World (Norwegia).

 

7 dari 7 halaman

6. Academy Awards

Puncaknya, ketika komite Academy Awards mengumumkan daftar lengkap nominasi dan Drive My Car muncul di empat kategori yakni Skenario Adaptasi, Sutradara, Film Fitur Internasional, serta Film Terbaik.

Pada malam puncak Oscar 2022 yang digelar di Dolby Theatre Hollywood, AS, Minggu (27/3/2022), Drive My Car menang Film Fitur Internasional Terbaik. Drive My Car adalah produk Jepang pertama yang tembus nominasi Film Terbaik Oscar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.