Sukses

Luna Maya Tertipu Rp 1,9 Juta Lewat Telepon, Pengalamannya Mirip Orang Dihipnotis

Luna kehilangan uang sebesar itu lantaran ia tertarik untuk memiliki saldo senilai Rp800 ribu.

Liputan6.com, Jakarta Luna Maya belum lama ini menyampaikan pengalaman mengejutkan yang tak disangka-sangka. Ia menjadi korban penipuan uang sebesar Rp1,9 juta setelah mendapat telepon dari seseorang yang mengaku operator salah satu penyedia layanan telekomunikasi.

Menyesakkannya, Luna kehilangan uang sebesar itu lantaran ia tertarik untuk memiliki saldo senilai Rp800 ribu. Padahal, sejak awal Luna Maya sudah menaruh curiga terhadap nomor yang tertera saat pertama kali menghubunginya.

Kisah ini disampaikan sendiri oleh Luna Maya melalui kanal YouTube miliknya. Disampaikan Luna, sang penipu melancarkan aksinya dengan meminta nomor OTP. Bak orang yang dihipnotis, Luna pun memberikan nomor tersebut begitu saja.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengaku Sudah Curiga Sejak Awal

"Gue itu awalnya sudah curiga karena nomornya +16 berapa gitu, yang artinya sebenarnya itu nomor Whatsapp. Gue diarahin, ya sudah mau," ujar Luna Maya dalam video yang diunggah Selasa (1/2/2022).

"Dia bilang tiga bulan gratis biaya telepon. Wah, oke juga nih gue pikir. Gue langsung oke-oke, boleh-boleh," sambung Luna Maya.

 

3 dari 6 halaman

Iming-Iming Diuangkan

Setelah dijanjikan biaya telepon gratis, Luna lalu diiming-imingi mendapat poin yang bisa diuangkan. Seperti disampaikan di atas, Luna hanya dijanjikan uang Rp800 ribu.

"Dan dia bilang masih ada 800 poin, sisa bisa diuangkan. 'Jadi berapa?' 'Rp800 ribu'. Lumayan juga poin gue banyak," celetuk Luna disusul tawa atas kekhilafannya.

 

4 dari 6 halaman

Memberi Kode OTP

Herannya, Luna Maya mengaku bahwa ia seperti orang yang sedang dihipnotis lantaran dengan mudahnya memberi nomor OTP yang diminta si penelepon.

"Gue diarahin masuk M-Banking... Terus tiba-tiba gue ke E-Wallet di M-Banking," ujar Luna sambil menyiratkan bahwa akhirnya uangnya diambil melalui salah satu aplikasi dompet elektronik miliknya.

"Maksudnya ini buat teman-teman hati-hati ya kalau ditelepon minta OTP. Dengan santainya gue kasih OTP. Itu sudah salah banget," kata Luna.

 

5 dari 6 halaman

Baru Sadar

Si penipu lantas sukses meminta Luna Maya untuk mentransfer uangnya sebanyak tiga kali melalui aplikasi tersebut. Luna lantas sadar telah ditipu setelah ia melihat riwayat mutasi di tabungannya melalui M-Banking.

"Jadi tiba-tiba gue lihat riwayat mutasi gue... Harusnya kan gue dapat duit ya? Kok tulisannya debit, yang artinya transfer... Sudah begitu, nominalnya Rp1,9 juta, hampir Rp2 juta! Gue kena tipu cuma demi duit Rp800 ribu, gue boncos Rp2 juta karena gue tergiur mengikuti langkah-langkahnya," ungkap Luna Maya sambil teriak.

 

6 dari 6 halaman

Mirip Dihipnotis

Luna lalu memblokir semua akses ke dompet elektronik miliknya. Mengingat kembali semua kejadian itu, Luna mengaku dirinya memang merasa seperti sedang dihipnotis.

"Benar sih kalau orang kadang bilang sudah kayak dihipnotis. Kita dibikin sibuk terus..., supaya kita merasa ini benaran. Kayak enggak dikasih napas," ceplos Luna Maya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.