Sukses

Sisi Baik dan Buruk Pelaporan Doddy Sudrajat ke Polisi

Doddy Sudrajat sebelumnya dilaporkan ke polisi.

Liputan6.com, Jakarta Doddy Sudrajat dilaporkan ke pihak Kepolisian dengan pasal UU ITE oleh seorang warganet asal Jawa Timur. Ayah Vanessa Angel itu juga dilaporkan dengan pasal pencemaran nama baik.

Menurut pengamat perilaku Lutfi JW, hal ini ada sisi baik dan buruknya. Sisi baiknya adalah, memberikan efek jera bagi para pembuat kehebohan dan penebar kebencian. Sisi buruknya adalah jika dijadikan ajang pansos.

"Dari sudut pandang ilmu perilaku, ulah dan tindakan Doddy Sudrajat ini akan menimbulkan sarkasme literasi. Yaitu munculnya komentar dan respons sarkastik atas tindakan yang melanggar etika umum dan antagonis. Netizen terpancing melontarkan hujatan yang tak pantas serta rendah literasi. Maka sebaiknya Doddy dihentikan dengan cara yang paling tepat yaitu dilaporkan ke polisi serta diboikot." ujar Lutfi JW dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

"Jika Doddy ini kita biarkan maka akan menjadi preseden buruk bagi dunia hiburan dan selebritis Indonesia. Maksud saya, orang akan mencontoh cara cara provokatif dan drama drama ala Doddy untuk viral, terkenal dan menjadi artis. Karena manusia itu makhluk mimesis yaitu cenderung meniru cara yang mudah dan menguntungkan walau tak etis," ujar Lutfi JW yang juga praktisi NLP (neuro linguistic programming).

 

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meresahkan

"Sepanjang pengamatan saya, sifat sikap dan aksi Doddy ini sudah sampai pada tahap sangat meresahkan masyarakat. Jadi layak untuk dibawa ke jalur hukum. Ini sebagai cara jitu memberikan efek jera kepada penjahat psikologis dan etika. Agar tidak menular dan ditiru oleh orang lain. Ini demi menjaga kenyamanan dan kedamaian masyarakat," ujar Lutfi JW yang juga seorang penulis buku.

 

 

3 dari 4 halaman

Sisi Buruk

Jika Doddy layak dilaporkan, mengapa disebut ada sisi buruknya? Apa saja sisi buruk tersebut? Masih menurut Lutfi JW, sisi buruk pelaporan Doddy ada 2, yaitu alat pansos dan sarana menghujat.

"Jika dilakukan dengan ikhlas, pelaporan Doddy ke polisi ini adalah perilaku yang bagus dan menjadi inspirasi. Namun jika dijadikan alat pansos, maka ini menjadi contoh buruk demi keuntungan pribadi. Selain itu, pelaporan ini bisa menjadi wadah semakin gencarnya hujatan untuk Doddy," tandas Lutfi.

 

4 dari 4 halaman

Saran Positif

Agar langkah pelaporan ini bermanfaat besar untuk masyarakat Lutfi JW memberikan saran positif untuk semua pihak.

"Saran saya, untuk pelapor Doddy, teruslah jaga niat dan keikhlasan. Sedangkan untuk netizen, saya anjurkan hentikan hujatan dan ganti dengan doa yang terbaik untuk pelapor dan doddy. Agar Indonesia lebih nyaman damai dan beradab," pungkas Lutfi JW.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.