Sukses

Disney Tolak Sensor, Film Eternals Tak Tayang di Sejumlah Negara Timur Tengah

Padahal, rencananya Eternals siap rilis pada 11 November di tiga negara itu.

Liputan6.com, Jakarta - Film Eternals garapan Marvel Studios belum lama ini kembali menjadi perbincangan para pecinta layar lebar seluruh dunia. Setelah dihebohkan oleh isu kritik pedas dari para pengamat film, kini masalah sensor film menghantui.

Disampaikan Collider, belum lama ini, Eternals dipastikan telah dilarang tayang di beberapa negara Timur Tengah yakni Arab Saudi, Kuwait, dan Qatar. Padahal, rencananya film ini siap rilis pada 11 November di tiga negara itu.

Menurut The Hollywood Reporter pelarangan tayang Eternals tersebut lantaran Disney menolak permintaan lembaga sensor tiga negara itu untuk memotong sejumlah adegan yang dianggap tak layak disaksikan oleh rakyatnya.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Adegan Dewasa

Dalam informasi tersebut disampaikan bahwa adegan yang hendak dipotong oleh lembaga sensor tiga negara itu melibatkan Brian Tyree Henry sebagai Phastos yang digambarkan melakukan ciuman sesama jenis bersama kekasih prianya.

 

3 dari 5 halaman

Nasib di Negara Timur Tengah Lain

Biarpun ketiga negara tersebut sudah resmi melarang penayangan Eternals, negara-negara Timur Tengah lain kemungkinan besar tetap akan memutarnya. Salah satunya adalah Uni Emirat Arab yang hingga kini masih menyediakan tiket film ini.

 

4 dari 5 halaman

Keinginan Sutradara

Dipertahankannya adegan ciuman tersebut, merupakan salah satu bentuk perjuangan Chloe Zhao sebagai sutradara dalam rangka membuka pandangan soal isu LGBTQ+ yang masih tabu di banyak negara.

"Untuk memposisikan keluarga itu dalam situasi tertentu dan agar momen itu terasa otentik dan nyata... Penonton harus merasakannya agar bisa peduli. Jika tidak, tidak ada gunanya menempatkan itu di layar karena mereka tidak merasakannya," ujar Chloe Zhao dalam sebuah wawancara bersama IndieWire.

 

5 dari 5 halaman

Belum Ada Komentar

Terkait isu ini, belum ada komentar dari Marvel Studios maupun Disney meskipun konfirmasi datang dari pihak terdekat. Tentunya, Eternals akan tiba di Tanah Air pada bulan ini.

Film ini memperkenalkan 10 sosok Eternals, ras luar angkasa yang sama seperti Thanos. Kesepuluh karakter yang terpencar selama berabad-abad, harus berkumpul lagi untuk mengalahkan musuh terbesar mereka, Deviant.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.