Sukses

Film Combat Wombat Yang Tampilkan Kocaknya Aksi Hewan Khas Australia Jadi Superhero Diputar di FSAI 2021

Liputan6.com, Jakarta Festival Sinema Australia-Indonesia atau FSAI 2021 telah memasuki hari kedua pada Sabtu (19/6/2021). Memasuki akhir pekan yang santai, ada satu film dari festival ini yang cocok menemani hari libur, yakni Combat Wombat.

Bisa dilihat dari judulnya, film animasi ini mengangkat satu jenis spesies hewan khas Australia sebagai tokoh utamanya, wombat. Sang sutradara, Ricard Cussó mengungkap alasannya mengangkat hewan ini dalam filmnya.

"Kita tahu di Australia ada koala atau kangguru. Namun ada jauh lebih banyak flora dan fauna di Australia [yang belum diangkat]," tuturnya dalam sesi tanya jawab setelah pemutaran film.

2 dari 5 halaman

Kekuatan Wombat

Menampilkan karakter wombat bukan sekadar "asal tempel" saja. Sineas Combat Wombat juga melakukan riset khusus terhadap hewan yang ditampilkan.

"Karakter Combat Wombat punya 'Butt Power' (kekuatan bokong) dan ini didasari kepada fakta ilmiah tentang wombat. Kami ingin memasukkan fakta ilmiah dalam filmnya," kata sang produser, Ryan Greaves.

 

3 dari 5 halaman

Mendaftar Hewan

Keinginan mengangkat hewan khas Australia ke dalam film memang telah ada di benak para sineas sejak awal. Pertama-tama yang mereka lakukan adalah membuat daftar hewan khas dari negara ini, berikut atribut yang mereka miliki.

"Kita lalu memeriksa hewan apa yang bisa memberi kami cerita terhebat. Lalu setelah melihat daftarnya, kami memilih yang paling cocok untuk cerita superhero kami," tutur Ricard Cussó.

 

4 dari 5 halaman

Maggie sang Wombat

Combat Wombat sendiri berkisah tentang Maggie Diggins (Deborah Mailman), wombat yang tengah berduka karena kehilangan suami dalam kecelakaan kerja. Hanya satu hal yang menjadi obsesinya, yakni menyingkap kasus kecelakaan ini.

Sampai suatu saat ia tak sengaja menyelamatkan Sweetie (Ed Oxenbould), seekor sugar glider yang takut terbang. Sweetie meyakini bahwa Maggie adalah seorang superhero.

Sementara Maggie, melihat kesempatan untuk memecahkan teka-teki kecelakaan yang selama ini menghantuinya.

 

5 dari 5 halaman

Penayangan Kedua

Combat Wombat tak hanya diputar satu kali saja dalam FSAI 2021. Film ini akan ditayangkan lagi secara online pada Sabtu, 26 Juni 2021 pukul 15.00 WIB. Untuk mendapatkan akses menonton film ini, Anda tinggal mendaftar di tautan www.FSAI2021.com.

Selain itu, masih ada sejumlah film Australia lain yang akan tayang antara lain The Furnace, H is For Happiness, Jaimen Hudson: From Sky to Sea, Relic, dan Dirt Music.