Sukses

BTS Meal Jadi Fenomena, ARMY Kumpulkan Donasi Ratusan Juta Rupiah untuk Ojol

Liputan6.com, Seoul - Penjualan BTS Meal di Indonesia memasuki hari kedua pada hari ini, Kamis (10/6/2021). Banyak cerita tersisa dari penjualan perdana menu kolaborasi BTS dengan McDonald's kemarin.

Salah satunya antrian ojek online alias ojol yang mengular di sejumlah gerai restoran McD di berbagai wilayah. Hal ini rupanya mengetuk hati banyak ARMY, sebutan bagi penggemar BTS di Indonesia, untuk membalas budi kepada para pengemudi ojol.

Salah satunya adalah melakukan pengumpulan donasi melalui Kita Bisa. Tak hanya satu, setidaknya ada enam pengumpulan dana yang terkait dengan ojol dan BTS Meal, dan dikelompokkan dalam kampanye "ARMY Bantu Ojol."

2 dari 5 halaman

Ratusan Juta Rupiah

Yang terbesar adalah penggalangan dana yang dicetuskan oleh BTS ARMY Indonesia, dan dibuka sejak 8 Juni lalu. Saat artikel ini disusun, angka donasi yang terkumpul sudah menembus angka Rp 187 juta.

Penggalangan dana ini dilakukan karena bulan Juni merupakan momen spesial bagi mereka. Tak hanya penjualan BTS Meal, tapi juga ultah debut Jungkook dkk.

3 dari 5 halaman

Pahlawan ARMY

"Kali ini, mari kita berbagi untuk para driver ojol. Soalnya, mereka bakal jadi pahlawan kita untuk memesan BTS Meal. Para ojol akan mendedikasikan waktunya untuk nunggu dan antar makanan spesial itu langsung ke rumah para ARMY," begitu pernyataan di situsnya.

Uang hasil penggalangan dana, akan digunakan untuk makan siang para ojol.

4 dari 5 halaman

Paket Sembako

Penggalangan dana juga dilakukan pengguna dengan nama Vanessa Egas.

"Sambil nikmatin BTS Meal, aku baca-baca berita di socmed. Ternyata di tengah kebahagiaan kita menikmati BTS Meal, ada banyak ojol yang harus berjuang untuk nganterin makanan spesial ini buat kita. Selain kasih tips untuk abang Ojol yang nganterin BTS Meal, aku jadi kepikiran buat ngasih sesuatu yang lebih buat mereka," tulisnya di kolom deskripsi.

Lebih dari seribu ARMY ikut serta dalam penggalangan dana ini, mengumpulkan Rp 18.4 juta sejak penggalangan dana dibuka kemarin.

Hal serupa juga dilakukan Wings of Bangtan yang mengumpulkan Rp 21,7 juta sejak 8 Juni lalu. Dimuat pula keterangan bahwa penggalangan dana ini akan digunakan untuk berbagi sembako dengan para driver ojol.

5 dari 5 halaman

Beragam Tip

Sebelumnya, sempat viral sejumlah tip yang dibagikan oleh ARMY kepada para ojol. Tak cuma berupa uang, ada Army yang juga memberikan camilan hingga beras kepada pengemudi yang membelikannya BTS Meal.

Tagar #ThankYouOjol juga sempat bertengger seharian di Twitter Indonesia.