Sukses

Cerita Pekan Ini: 1000 Wajah Reza Rahadian di Layar Lebar, dari Bossman yang Buncit hingga Si Kribo Rosid

Liputan6.com, Jakarta Film Surga yang Tak Dirindukan 3 dengan Reza Rahadian sebagai salah satu bintangnya, kini telah ditayangkan. Dalam film ini, aktor 34 tahun tersebut kebagian peran sebagai Ray Sastrowardoyo, pria yang mengaku sebagai ayah dari Akbar, anak kandung Meirose (Marsha Timothy).

Soal akting, peraih tiga Piala Citra untuk Aktor Utama Pria Terbaik ini sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Namun hal lain yang menarik, ia tampil sedikit beda dalam film ini. Rambutnya agak gondrong dan berantakan.

Sebenarnya bukan di sini saja Reza mengubah penampilan untuk mendukung aktingnya. Semua penampilan ini, tentu harus ia hayati hingga terlihat sebagai bagian tubuh yang alami dari tokoh yang diperankannya, bukan sekadar tempelan belaka.

Dalam My Stupid Boss (2016) misalnya, ia jadi Bossman yang berperut buncit dan kepalanya mulai botak.

Auranya berbeda jauh saat tampil sebagai H.O.S. Tjokroaminoto di film garapan Garin Nugroho, Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015). Ia tampil gagah dengan kumis yang melintang dan baju beskap. 

Salah satu bagian tubuh yang paling sering diotak-atik, adalah rambut. Di Abracadabra (2020), rambut Reza di-bleaching dan dicat pirang untuk menghidupkan dunia imajinatif Lukman si pesulap. 

Di film Toko Barang Mantan (2020), ia menjadi si gondrong Tristan yang mendirikan tempat melego barang-barang dari si dia yang dulu pernah dekat di hati. 

Sementara dalam 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta (2010), ia memerankan Rosid, perjaka berambut kribo yang berprofesi sebagai wartawan paruh waktu dan terobsesi jadi penyair. Rambut kribonya membuat Rosid tak bisa pakai peci, sehingga sang ayah kesal, karena penutup kepala ini dianggap lambang kesalehan.

Berbeda lagi dengan di Pendekar Tongkat Emas (2014). Di sini ia tak hanya ditantang menjadi seorang pendekat silat, tapi juga menghayati tokoh antagonis, Biru. 

Bisa dibilang, salah satu transformasi yang paling drastis adalah di Habibie & Ainun 3 (2019). Berbeda dari film pendahulunya, Reza Rahadian kini harus mengenakan makeup prosthetic, untuk membuatnya berubah menjadi Habibie di usia tua.