Sukses

Perbanyak Membaca Al-Qur'an Selama Ramadhan, Meraih Syafaat Bekal di Akhirat

Ingat, Al-Qur'an diturunkan pada bulan Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan. Bulan saat setiap ibadah yang kita lakukan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, tak hanya puasa

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pahala ketika bulan Ramadhan salah satunya membaca Al-Qur'an. Bahkan hal ini yang paling sangat dianjurkan dalam mengisi hari-hari selama berpuasa. Sebab pada bulan inilah kitab suci umat Islam ini diturunkan.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْآنُ

“Bulan Ramadhan yang di dalamnya –mulai- diturunkannya Al-Quran (QS Al-Baqarah: 185).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mencontoh Nabi Muhammad SAW

Saat bulan Ramadhan, Nabi Muhammad Sholaullah Alaihi Wasallam sebagai panutannya umat muslim selalu mengkhatamkan Al-Qur'an yang langsung diajarkan oleh malaikat Jibril.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu,

أن جبريل كان يعْرضُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْقُرْآنَ كُلَّ عَامٍ مَرَّةً ، فَعرضَ عَلَيْهِ مَرَّتَيْنِ فِي الْعَامِ الَّذِي قُبِضَ فيه

“Dahulu Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada Nabi shalallahu ‘alayhi wa sallam setiap tahun sekali (pada bulan Ramadhan). Pada tahun wafatnya Rasulullah shalallahu ‘alayi wasallam Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada beliau sebanyak dua kali (untuk mengokohkan dan memantapkannya)” ( HR. Bukhari no. 4614).

3 dari 3 halaman

Menjadi Syafaat

Al-Qur'an kelak akan memberikan syafaat kepada pembacanya di hari kiamat . Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ

“Rajinlah membaca Al-Quran, karena dia akan menjadi syafaat bagi penghafalnya di hari kiamat.” [HR. Muslim 1910]

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.