Sukses

Tya Ariestya Turunkan Bobot 25 Kg Demi Ikut Program Bayi Tabung Lagi, Masih Punya 3 Tabungan Embrio

Liputan6.com, Jakarta Tya Ariestya bikin kejutan di awal tahun dengan penampilan barunya. Bintang film Rahasia Bintang turun berat badan hingga 25 kilogram dari bobot semula sekitar 75 kilogram. Ini bukan untuk gaya-gayaan.

Nyonya Muhammad Irfan Ratinggang rupanya berencana mengikuti program bayi tabung keempat. Diberitakan sebelumnya, Tya Ariestya tiga kali ikut program bayi tabung.

Kali pertama berhasil melahirkan Muhammad Kanaka Ratinggang. Yang kedua gagal. Program bayi tabung ketiga memberi Tya Ariestya anak laki-laki lagi, Muhammad Kalundra Ratinggang.

2 dari 5 halaman

Simpan Tiga Embrio

“Anak pertama saya berusia 4,5 tahun lahir sebagai anak yang berhasil dari program bayi tabung,” bebernya dalam peluncuran virtual “Rizal Sini Auditorium Morula IVF Jakarta dan Morula Care,” Jumat (5/2/2021).

“Insyaallah, mudah-mudahan kalau ada umur, ada rezeki juga aku masih punya simpanan embrio di Morula. Insyaallah aku transfer anak ketiga,” aku Tya seraya menambahkan, “Insyaallah anak ketiga, masih ada simpanan embrio tiga lagi.”

3 dari 5 halaman

Program Bayi Tabung Selanjutnya

Usai menurunkan bobot, Tya Ariestya menjalani pemotretan bareng Rio Motret. Hasilnya, dipamerkan di akun Instagram terverifikasi Rio dan Tya. Keduanya banjir pujian warganet.

“Jadi aku baru saja menurunkan berat badan sebanyak 25 kilogram, supaya bisa lebih lancar lagi menjalankan program bayi tabung yang selanjutnya,” Tya bercerita. Dalam kajian medis, penurunan bobot ini penting.

 

4 dari 5 halaman

Ganggu Siklus Menstruasi

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi, klinik Morula IVF Jakarta, dr. Arie Adrianus Polim, D.Mas, Sp.OG-KFER menerangkan, bobot berlebih memengaruhi hormon dan mengganggu siklus menstruasi.

“Akibatnya, hormon reproduksi tidak berjalan normal. Contohnya, Tya dengan berat badan berlebih membuat siklus haid tidak lancar akibatnya, sulit hamil,” ia membeberkan. 

5 dari 5 halaman

Turun 5 Persen Sudah Baik

Kepada Showbiz Liputan6.com, Arie mengingatkan, butuh komitmen kuat menurunkan bobot dengan olahraga dan diet. Tidak perlu sampai 20 kg lebih seperti Tya Ariestya.

“Sebenarnya, bobot susut 5 persen itu sudah baik untuk membuat hormon bekerja kembali. Harapannya, saat hormon bekerja kembali, kesuburan berjalan normal. Syukur-syukur dia bisa hamil alami tanpa perlu program bayi tabung,” pungkasnya.