Sukses

Charly Van Houten Jadi Duta Pendidikan Lewat Lagu Kangen Sekolah

Liputan6.com, Jakarta Vokalis Setia Band, Charly Van Houten disebut-sebut menjadi Duta Pendidikan. Penunjukkan mantan vokalis ST 12 itu berawal saat Charly berkolaborasi dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan juga istri, Atalia Praratya. 

Sebelumnya, Charly memang mengajak Ridwan Kamil dan istri menjadi model video klip untuk lagu terbaru Setia Band berjudul "Bersepeda".

“Semua diawali saat penggarapan proyek video klip lagu 'Bersepeda' yang kebetulan figur Kang Emil dan Ibu Cinta menjadi model klip dari lagu tersebut,” ujar Charly Van Houten kepada wartawan, baru-baru ini.

Saat kerja bareng itu, Ridwan Kamil pun meminta kepada Charly untuk membuat sebuah lagu yang bertemakan spirit Jawa Barat. Charly kebetulan juga putra Jawa Barat yang lahir di Cirebon.

Bak gayung bersambut, Charly Van Houten juga rupanya memiliki ide serupa dengan Ridwan Kamil. Dari situ, Charly kemudian membuat lagu berjudul "Kangen Sekolah".

Nantinya, lagu tersebut akan dibawakan oleh dua anak Charly Van Houten, M Restu dan Senandung Asmara Nacha featuring Betrand Peto.

2 dari 5 halaman

Tanggapan

Lagu ini mendapatkan tanggapan dari KCD 6 Jawa Barat beserta tim dari Konsultan Pendidikan Peradaban 571. 

“Lalu konsep karya ini di bawa ke Bapak Dedi Supandi sebagai Kadisdik Jabar yang alhamdulillah direspons dengan sangat baik. Bahkan seluruh intansi pendidikan Jabar pun mendukung untuk karya lagu 'Kangen Sekolah' ini," kata Charly Van Houten menuturkan.

3 dari 5 halaman

Disebar

Nantinya, lagu "Kangen Sekolah" ini akan disebar ke seluruh sekolah di Jawa Barat. Harapannya, lagu ini bisa mengedukasi dan memberikan semangat yang baik untuk pendidikan Jawa Barat ke depan. 

Dari situ, KCD Jabar dan Peradaban 571 mendorong Charly Van Houten agar menjadi Duta Pendidikan Jawa Barat. Banyak yang menyambut baik penunjukkan Charly sebagai Duta Pendidikan. Tapi tak sedikit pula yang menyayangkannya.

4 dari 5 halaman

Pro Kontra

Meski begitu, Charly Van Houten tak mau memikirkan masalah pro dan kontra. Ia hanya berharap dunia pendidikan Indonesia bisa lebih maju. 

“Pro dan kontra itu lumrah dan manusiawi. Bagi aku duta itu hanya sebuah kata dan bukan juga lencana. Yang paling terpenting, mari kita sama-sama berkarya dengan nyata dan tidak perlu banyak bicara. Meski aku hanya memliki setetes ilmu dan karya yang kita punya, semoga akan menjadi cahaya bagi penerus generasi bangsa," tutur Charly Van Houten.

5 dari 5 halaman

Keterlibatan

Bagi Charly keterlibatannya di dunia pendidikan tidak harus di sekolah. Melainkan bisa melalui dunia luar seperti musik. 

"Pendidikan bukan hanya kegiatan belajar nengajar formal di kelas, pendidikan juga menyangkut bagaimana pemerintah memberikan edukasi kepada seluruh anak bangsa dalam setiap sendi kehidupan, formal, informal, dan nonformal,” pungkas Charly.