Sukses

Dian Sastrowardoyo Syuting Film Saat Pandemi Covid-19, Wajib Swab Test dan Bawa Alat Makan dari Rumah

Bagi Dian Sastrowardoyo, syuting film Nougat di tengah pandemi Covid-19 sungguh tak terlupakan. Protokol kesehatan mutlak dipatuhi.

Liputan6.com, Jakarta Dian Sastrowardoyo melebarkan kapasitas sebagai pekerja seni dengan menyutradarai film Nougat, yang jadi bagian dari omnibus Quarantine Tales. Film ini tayang di bioskop online mulai Desember 2020.

Judul Nougat terinspirasi dari cita rasa es krim favorit almarhum ayahnya. Film pendek ini dibintangi Marissa Anita, Faradina Mufti, dan aktris peraih dua Piala Citra, Adinia Wirasti.

Syuting film pendek di tengah pandemi bukan hal mudah. Dalam wawancara virtual dengan Showbiz Liputan6.com, baru-baru ini, Dian Sastrowardoyo mengungkap sejumlah romantika.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

25 sampai 30 Orang Saja

“Di tengah pandemi, kita punya bujet kru tidak boleh lebih dari 25 sampai 30 orang, karena bujet swab-nya cuma segitu ha ha ha,” ujar bintang film Ada Apa Dengan Cinta? dan Kartini.

Protokol kesehatan diterapkan secara ketat. Yang belum punya hasil swab test PCR negatif dilarang mengakses lokasi syuting. Jumlah personel tiap divisi dirampingkan.

3 dari 5 halaman

Divisi Ramping

“Masing-masing departemen kan punya anak buah, dibatasi semua jumlah anak buah. Yang biasanya enam hanya boleh bawa tiga. Yang biasanya bawa empat cuma boleh dua,” Dian Sastrowardoyo menyambung.

Makanan untuk pemain dan kru tidak disajikan secara prasmanan untuk menghindari droplet jatuh ke meja makan. Nasi boks dijadikan solusi dengan catatan pemain dan kru bawa alat makan sendiri.

 

4 dari 5 halaman

Sendok, Garpu, Tumbler

“Masing-masing kru harus bawa sendok garpu dari rumah. Punya tanggung jawab bersih-bersih sendiri jadi tidak bisa (misalnya) menyalahkan tim katering karena mencuci alat makan kurang bersih,” paparnya.

Pemain dan kru juga diminta membawa tumbler sendiri. Penggunaan botol minum sekali pakai dihindari untuk mencegah penularan Covid-19 sembari bersikap ramah lingkungan. 

5 dari 5 halaman

Tim Behind The Scene

“Yang menarik, tim behind the scene datang ke lokasi syuting tapi hanya bawa surat rapid test, oke boleh pulang lagi. Rapid test saja tidak berlaku, harus PCR,” Dian Sastrowardoyo menegaskan.

Akibatnya, kegiatan di balik layar pada hari pertama syuting tak terekam. “Ya sudah jadi hari pertama tidak ada BTS. Pakai masker semua, yang boleh enggak pakai masker hanya pemain,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.