Sukses

Rewind Indonesia 2020 Viral, Sehari Tembus 8 Juta Views dan Trending Nomor 1 di YouTube

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video bertajuk Rewind Indonesia 2020 yang diunggah di kanal Indonesian Youtubers pada Senin (28/12/2020) menarik perhatian publik dengan cepat. Bahkan saat berita ini ditulis, video berdurasi nyaris 15 menit tersebut menjadi video trending nomor satu di YouTube Indonesia

Seperti terlihat dari namanya, video ini mengingatkan kepada unggahan tahunan resmi dari YouTube mengenai topik yang ngetren di platform streaming tersebut selama setahun terakhir. 

Namun dalam keterangan di kolom deskipsi, video yang disutradarai oleh Chandra Liow dan Aulion ini rupanya tak berafiliasi dengan YouTube.

"[Video] rewind ini dibuat oleh kreator Indonesia, dari kreator Indonesia, untuk masyarakat Indonesia dengan satu-satunya tujuan untuk menyatukan masyarakat dan memungkasi tahun 2020 dengan sesuatu yang penuh harapan dan positif," begitu pernyataan di deskkripsi video ini. 

Seperti apa isinya?

 

2 dari 5 halaman

Kejadian Viral

Video dengan latar penuh warna ini merangkum berbagai hal yang sempat menjadi buah bibir masyarakat, dari berbagai topik.

Dari dunia politik misalnya, ada adegan yang referensinya adalah insiden mematikan mikrofon di Sidang Omnibus Law di gedung DPR/ MPR. Ada pula wawancara kursi kosong Najwa Shihab yang ikonis, dengan Awkarin sebagai pewawancara.

Ada pula cuplikan tentang video klip Kekeyi "Aku Bukan Boneka", gim heboh Impostor, Bu Tedjo dengan nyinyirannya yang fenomenal, hingga referensi soal "adu kuat" antara tim Han Ji Pyeong dan Nam Do San di drama Korea Start-Up.

3 dari 5 halaman

Tarik Sis, Semongko

Para kreator konten di Indonesia tumplek blek dalam video ini. Mulai dari Atta Halilintar, Nessie Judge, Risa Sarasvati, Denny Sumargo, Jovial dan Andovi da Lopez, Deddy Corbuzier, dan masih banyak lagi. 

Suasana makin meriah, dengan dimasukkan sejumlah musik yang mengiringi video ini. Mulai dari "Savaged Love" dari Jason Derulo, "Lose" milik Niki, "Dynamite" dari BTS, hingga lagu berbahasa Sunda "Hareudang" alias "Nestapa".

Diselipkan pula jargon yang setahun terakhir akrab digunakan masyarakat, seperti "tarik Sis, semongko" dan "ikan hiu makan tomat."

4 dari 5 halaman

Trending Topic

"Rewind Indonesia 2020" ternyata sangat menarik perhatian masyarakat, bahkan sempat menjadi trending topic di Twitter Indonesia. 

Chandra Liow yang mengarahkan video ini mencatat "Rewind Indonesia 2020" telah ditonton lebih dari 8 juta kali, hanya dalam waktu satu hari. Dalam unggahan Instagram miliknya ia menulis, "1 day 8.000.000+ views. Trending no. 1."

Bahkan saat artikel ini ditulis, angkanya telah bertambah hingga 11 juta. Petikan video viral ini juga dibagikan kembali oleh warganet di media sosial lain. 

5 dari 5 halaman

Sukacita

Chandra Liow juga mengungkapkan sukacitanya atas pencapaian video ini. 

"Dan gue ambil momen ini untuk shout out ke semua Content Creator dan pembuat-pembuat karya di bidang apapun di seluruh Indonesia yang masih berkarya di masa sulit dan terbatas sekarang ini entah dimanapun bagaimanapun caranya, disituasi kalian seperti apa, sedang proses membuat ataupun sudah selesai, sendirian atau bareng-bareng, skala besar ataupun kecil, SALUT, STAY SAFE, DAN SEMANGAT UNTUK KALIAN SEMUA!" tulisnya.