Sukses

Via Vallen Hapus Video Klip yang Dituding Jiplak Milik IU, Akui Ada Kelalaian

Kolom komentar di video klip IU penuh dengan kritik yang ditujukan untuk Via Vallen.

Liputan6.com, Jakarta - Via Vallen seharian kemarin menjadi buah bibir warganet, karena video klipnya yang bertajuk "Kasih Dengarkanlah Aku". Sayang, ini bukan karena publik terkesima dengan isi video tersebut, melainkan karena tudingan video klipnya adalah jiplakan dari milik IU yang bertajuk "Above the Time".

Sabtu (24/10/2020) malam, Via Vallen akhirnya mengumumkan bahwa video yang bermasalah tersebut telah diturunkan. Wanita asal Jawa Timur ini juga mengakui ada kelalaian terkait insiden ini. 

"MV 'kasih dengarkanlah aku' sudah di take down ya teman-teman. Sekali lagi, maaf atas kelalaian yang terjadi," tulis Via Vallen via Instagram Story. 

Berdasarkan pantauan, meski yang resmi telah diturunkan, banyak warganet yang mengunggah cuplikannya maupun perbandingan kedua video klip di media sosial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Respons Warganet

Sebelum menghapus video klip ini, warganet sendiri ramai memenuhi kolom komentar unggahan terakhir Via Vallen. Banyak yang mengungkapkan kritik dan kekecewaan terhadap Via Vallen. Tapi, tak sedikit pula yang memahami bahwa Via Vallen hanya menjalani arahan sutradara dalam pembuatan video klip tersebut.

"Cepetan takedown mvnya, iu bkn solois sembarangan disana. dia berpengaruh bgt sama knetz, yang ada bikin malu doang ntar," kata @p_kaa.n.

"Semangat mbakk, suka heran ama K-Pop fans jaman now. Yg salah tim sutradara tapi artisnya yg dihujat," tutur @5n_pink.

3 dari 5 halaman

Komentar Warganet Indonesia untuk IU

Sementara itu, kolom komentar di video IU penuh dengan respons warganet soal kedua video klip. Selain kritik atas video milik Via Vallen, banyak warganet asal Indonesia yang mengungkap permintaan maaf kepada IU. Terutama para Uaena, alias para penggemar IU. 

Salah satunya adalah warganet dengan nama akun Mei Mayraaa yang disukai lebih dari 2 ribu pengguna YouTube. Ia menulis, "IU SEBAGAI UAENA INDONESIA KAMI MEMINTA MAAF KARENA ADA SATU ARTIS INDONESIA YANG MENJIPLAK MV LUAR BIASA INI. Ok, tenang. Mari ambil sisi baiknya. Ini adalah bukti bahwa musik IU adalah sebuah masterpiece dan dia adalah ratunya."

4 dari 5 halaman

Arahan Sutradara

Sebelumnya manajemen Via Vallen, Ascara Musik, sudah menjelaskan bahwa mereka tidak ikut serta dalam pembuatan konsep video klip ini. 

"Bahwa pihak management, menerima seluruh konsep/ide video klip yang ditawarkan oleh pihak sutradara. Adapun dari hasil akhir video klip tersebut ada kemiripan dengan video klip lain, kami pihak management sama sekali tidak mengetahuinya, dan pihak management sedang meminta klarifikasi dari pihak sutradara," tutur pihak manajemen di kolom komentar video klip "Kasih Dengarkanlah Aku".

 

5 dari 5 halaman

Kecipratan

"Pihak artis dalam hal ini Via Vallen dan Dyrga Dadali sebagai pemeran utama dalam video klip tersebut, hanya menjalankan tugasnya sebagai talent yang seluruh aktivitasnya diarahkan oleh sutradara. Kedua artis tersebut tidak turut serta berperan dalam menentukan konsep idea video klip," jelasnya lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.