Sukses

Selamat, Meli Jadi Juara 1 LIDA 2020 Indosiar, Dapat Hadiah Uang Rp 500 Juta dan Bawa Piala Bergilir ke Jawa Barat

Liputan6.com, Jakarta LIDA 2020 telah mendapatkan jawaranya. Dalam Konser Kemenangan yang disiarkan live Indosiar, dari Senin (28/9/202) malam hingga Selasa (29/9/2020 dini hari, Meli (Jawa Barat) dinobatkan menjadi juara 1 kompetisi penyanyi dangdut terbesar ini.

Konser Kemenangan LIDA 2020 menjadi puncak perjuangan 3 grand finalis dari provinsi berbeda. Perolehan SMS pemirsa yang didapat duta dari Jawa Barat ini tertinggi, sampai polling ditutup, yaitu 35,91 %. Beda tipis dengan sang juara 2 yaitu Gunawan (Maluku Utara) dan disusul posisi 3 ditempati duta dari Jambi, Hari.

Memang panggung musik yang digelar live Indosiar Senin mulai pukul 19.00 WIB ini menjadi ajang unjuk kebolehan habis-habisan 3 grand finalis. Mereka tampil dalam format duet dengan senior hingga bawakan beberapa lagu secara solo dalam bentuk konser mini.

Dengan selempang juara 1 LIDA 2020 ini maka Meli berhak atas hadiah uang tunai senilai Rp 500 juta. Total hadiah juara yang disiapkan Indosiar untuk semua pemenang di babak grand final adalah senilai Rp 1 miliar.

Gunawan sang juara 2 mendapatkan hadiah uang tunai Rp 300 juta serta Hari membawa hadiah uang tunai Rp 200 juta sebagai juara 3. 

2 dari 4 halaman

Single Kemenangan

Juara 1 juga mendapatkan single kemenangan sebagai lagu perdana sang juara. Tembang ini akan dibawakan Meli pada panggung Pesta Sang Juara, Selasa (29/9/2020) besok malam.

Mulai pukul 19.00 WIB Selasa besok, Indosiar menyiarkan live dari Studio Emtek City. Seperti apa kemeriahannya?

3 dari 4 halaman

Piala Bergilir

Juara 1 juga berhak membawa pulang piala bergilir LIDA. Sejak digelar tahun 2018, piala tersebut sudah menghuni 2 daerah berbeda. LIDA pertama, 2 tahun lalu Piala LIDA 2020 dibawa pulang Selfi ke kampung halamannya, Sulawesi Selatan.

Sementara juara 1 LIDA 2019, Faul membawa pulang piala itu ke provinsinya, Nanggroe Aceh Darusalam.

Dan, tahun ini LIDA 2020 yang dianggap sebagai kompetisi terpanjang karena di tengah pandemi sempat vakum pelaksanaannya, membuat piala bergilir diboyong Meli ke provinsi Jawa Barat.

4 dari 4 halaman

Butuh 6 Tahun Bawa Piala

Ada kata-kata host Irfan Hakim yang menarik usai penobatan juara untuk Meli. "Butuh waktu 6 tahun hingga akhirnya juara ini kembali dipegang duta dari Jawa Barat."

Ya, Lesti Kejora asal Cianjur, Tanah Pasundan, tercatat sebagai juara 1 Dangdut Academy Indosiar tahun 2014.

Penyelenggaraan kompetisi itu berubah menjadi LIDA atau Liga Dangdut Indonesia pada tahun 2018.

"Buat aku mah Meli pantas jadi juara. Paket komplet," kata Lesti yang satu kampung halaman dengan Meli, di beberapa kali penampilan juniornya sebelum grand final.