Sukses

Pandji Pragiwaksono dan Para Komedian Ramaikan Akhir Pekan dengan Comika Day

Comika Day akan diselenggarakan secara virtual oleh Comika secara gratis pada Minggu, 27 September 2020 siang.

Liputan6.com, Jakarta - Para penggemar stand-up comedy akan segera dimanjakan oleh Comika Day, event yang menampilkan para komika, komedian, dan entertainer lintas industri. Salah satunya adalah Pandji Pragiwaksono.

Dalam Comika Day, Pandji Pragiwaksono dan para komedian siap menghibur sekaligus mengumumkan informasi-informasi penting seputar karya masing-masing yang akan dipamerkan pada 2021 mendatang.

Selain Pandji Pragiwaksono, sejumlah komika lain yang siap hadir di Comika Day adalah Indro Warkop, Denny Cagur, Andhika Pratama, Awwe, David Nurbianto, Arif Brata, Augie Fantinus, Barry Williem, Gamila Arif, Blindman Jack, Popon Kerok, Gilang Bhaskara, Frimawan, dan Erwin Wu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Rincian Acara

Comika Day akan diselenggarakan secara virtual oleh Comika secara gratis pada Minggu, 27 September 2020 siang mulai pukul 14.00 WIB melalui comikacomedy.club.

Cara menonton Comika Day cukup dengan masuk ke website comikacomedy.club, lalu lakukan registrasi, klik banner Comika Day yang berada di halaman utama, dan Anda akan menikmati acara secara langsung.

 

3 dari 8 halaman

Solusi Para Komedian

Terlibat dalam acara ini, Pandji Pragiwaksono menyampaikan bahwa Comika Day menjadi salah satu solusi bagi para komedian untuk bisa mendapatkan panggung sekaligus menggerakkan roda ekonomi masing-masing.

"Comika Day adalah cara kami dari Comika Entertainment sebagai promotor stand-upcomedy, untuk menunjukkan bukan hanya optimisme kami terhadap bangkitnya industrievent off-air Indonesia," ujar Pandji Pragiwaksono dalam keterangan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, baru-baru ini.

"Tapi juga menjadi bagian yang aktif menawarkan solusi terhadap pemutaran roda ekonomi yang memberlakukan protokol ketat di masa pandemi," lanjut Pandji.

 

4 dari 8 halaman

Dampak Pandemi

Selain itu, para komika, komedian, atau entertainer lain yang memiliki rekaman videopertunjukan stand-up comedy juga bisa menjual karyanya lewat Comika.id. Ini adalah platform jual beli digital download video stand-up comedy di Indonesia.

Pasalnya, dampak pandemi Covid-19 yang menimpa industri pariwisata, berpengaruh terhadap pendapatan dari sektor wisata konvensi, termasuk konser, festival, acara-acara kebudayaan lainnya. Stand-up comedy pun terkena imbasnya.

Tidak heran bila banyak komika, komedian, dan para entertainer lain yang menggeluti stand-up comedy akhirnya harus terhambat oleh kondisi ini. Mulai dari show stand-up comedy on air maupun off air harus ditunda atau dibatalkan.

 

5 dari 8 halaman

Hiburan Alternatif

"Comika.id hadir sebagai alternatif hiburan dengan genre komedi, sekaligus sebagai platform yang dapat memberikan manfaat komersial bagi para komedian, khususnya standup comedian Indonesia," ujar Luthfian, CEO dari Comika.id dalam keterangan tertulis yang sama.

 

6 dari 8 halaman

Jadi Ladang Penghasilan Para Komika

Menurut Luthfian, kenaikan penjualan video digital download di comika.id selama masa pandemi mencapai lima kali lipat. Hal ini menandakan bahwa kebutuhan terhadap hiburan bergenre komedi yang bisa dinikmati di mana saja mulai sangat dibutuhkan.

"Di sisi lain, para stand-up comedian dapat menjadikan penjualan video digital download mereka sebagai salah satu ladang penghasilan mereka di masa pandemi ini," terangnya.

 

7 dari 8 halaman

Memacu Para Komika

Diharapkan dengan adanya platform ini, para komika, komedian, dan entertainer lain akan selalu terpacu untuk memiliki ide-ide kreatif selama masa pandemi.

Sehingga mereka pun bisa terus menjaga eksistensinya dengan membuat event virtual sendiri serta konten-konten kreatif di platform digital yang ada.

Selain itu, mereka juga bisa mempersiapkan karya Stand-up Comedy Show dalam bentuk digitaldownload serta pertunjukan-pertunjukan spesial Stand-up Comedy sepanjang 2021 mendatang.

 

8 dari 8 halaman

Mereka yang Bergabung

Di deretan komika ada Pandji Pragiwaksono, Gamila Arief, Awwe, David Nurbianto, Barry Williem, Arif Brata, Rin Hermana, Popon Kerok, Levi Ofsanusi, Gilang Bhaskara, Frimawan, Erwin Wu, Putra Pattinama, Rio Dumatubun, Sohibul Diksi, Yudha Brajamusti, Abdur Arsyad, Rahmet Ababil, Mal Jupri, dan Dany Beler.

Deretan entertainer lainnya ada Denny Cagur,Andhika Pratama, Gilang Dirga, Augie Fantinus, serta Blindman Jack.

Mereka akan mengumumkan karya-karya berupa digital download stand-up comedy show yang akan ada di platform Comika.id dan juga pertunjukan-pertunjukan spesial Stand-up Comedy mereka yang akan dipromotori oleh Comika.

Kabar menariknya, Indro Warkop berencana untuk pertama kalinya menggelar Konser Tunggal Stand-Up Comedy yang juga biasa disebut sebagai Stand-Up Comedy Special.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.