Sukses

Mengenal Un1ty, Grup Vokal Indonesia yang Bikin Kagum Niki Zefanya

Siapakah Un1ty yang berhasil menyita perhatian Niki Zefanya?

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini, Niki Zefanya dibuat kagum oleh kemampuan vokal personel grup Un1ty. Melalui Twitter, Niki me-retweet video kolase atau video duet TikTok yang diunggah salah satu personel Un1ty, Zweitson.

Dalam videonya, Zweitson Un1ty dan rekan-rekannya menyanyikan lagu "Lose" dari Niki yang diunggah di TikTok. Di situ, Niki dan personel Un1ty seolah sedang berduet. "If we become niki's backing vocals," tulis Zweitson.

Kekaguman Niki terhadap suara para personel Un1ty itu terlihat dari keterangan yang ia tuliskan pada unggahannya. "WHO ARE YOU AND WHY R U SO GOOD. OMG," tulis Niki.

Fans kedua artis itu pun ramai mengomentari unggahan tersebut.

Lantas, siapakah Un1ty yang berhasil menyita perhatian Niki, penyanyi yang sedang bergabung di label internasional 88rising itu?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Terdiri dari 8 Personel

Un1ty (yang biasa ditulis UN1TY, secara kapital), merupakan grup vokal asal Indonesia yang berdiri sejak 9 Desember 2019.

Grup ini terdiri dari delapan orang pria muda berbakat usia 16 hingga 23 tahun. Mereka adalah Fajri, Farhan, Fenly, Fiki, Gilang, Ricky, Shandy, dan Zweitson.

 

3 dari 8 halaman

Dari Acara 1ID Music

Grup ini dibentuk melalui acara 1ID Music yang digagas Famous All Stars (FAS). Acara ini merupakan sebuah program pencari bakat yang dibuat untuk mendukung perkembangan industri musik Indonesia.

Tujuannya agar talenta-talenta muda Indonesia bisa terus berkarya sekaligus terekspos secara berkesinambungan.

4 dari 8 halaman

Pelatihan Khusus

Kedelapan personel Un1ty sempat berkompetisi dalam acara tersebut. Setelah terpilih, mereka berdelapan langsung mendapatkan pelatihan khusus agar bisa menjadi grup dengan kualitas standar internasional.

5 dari 8 halaman

Awal Karier

Mengawali karier di industri musik nasional, Un1ty meluncurkan dua single bertajuk "Coba Cintaku" dan "Satu". Kedua lagu tersebut berhasil masuk chart musik bergengsi.

Lagu "Coba Cintaku" berhasil meraih peringkat ke-43 Billboard Indonesia Top 100 dan peringkat ke-19 Langit Musik Top 50 edisi Januari 2020. Sedangkan "Satu" meraih peringkat ke-4 Indonesia 20 edisi 15 oleh I-Radio Jakarta.

6 dari 8 halaman

Mengikuti Jejak Grup Indonesia

Grup Un1ty sekilas terkesan sama seperti grup vokal pria dari Korea Selatan. Namun pada dasarnya, mereka kerap tampil dengan genre musik pop ringan yang lebih mudah didengar para pendengar di Indonesia.

Bahkan bila didengar seksama, Un1ty memiliki warna musik yang serupa dengan M.E, Trio Libels, AB Three (kini Be3), dan Warna. Maka jangan kaget bila nuansa pop Indonesia sangat kental di lagu-lagu mereka.

7 dari 8 halaman

Eksis Selama Pandemi

Berdiri sejak 2019, tentu saja Un1ty tak bisa tampil secara live di panggung besar. Namun, mereka masih bisa eksis selama pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia.

Un1ty dan V Live Indonesia sempat membuat kampanye V Paket #DiRumah Aja. Mereka pun mengimbau betapa pentingnya tinggal di rumah demi melewati krisis selama pandemi.

8 dari 8 halaman

Konser Amal

Pada Pada 4 April 2020, Un1ty turut tampil dalam konser amal #TAYTB Live Stream Fest. Mereka juga tampil di konser amal #ApapunDiRumahAja Live Stream Fest Vol. 2 pada 18 April.

Tak sampai di situ. Gerakan amal terus digencarkan oleh grup yang masih tergolong baru ini. Mereka meluncurkan produk resmi berupa merchandise yang keuntungannya didonasikan kepada para tenaga medis dan orang-orang yang terkena langsung dampak pandemi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.