Sukses

Ini Arti Kemerdekaan bagi Andien, di Tengah Kondisi Pandemi Corona Covid-19

Andien menegaskan meskipun di tengah pandemi, rasa nasionalisme harus tetap tumbuh.

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Andien menjadi salah satu yang turut memeriahkan Hari Kemerdekaan virtual pertama di Indonesia lewat acara 17an Merdeka yang digelar Liputan6.com bersama jajaran media di bawah bendera KapanLagi Youniverse.

Sebelum mengisi acara, Andien menyempatkan diri mengikuti talk show yang membicarakan tentang arti kemerdekaan.

Dalam kesempatan itu, Andien menyampaikan pandangannya tentang kemerdekaan. Baginya, merdeka adalah tentang kebebasan.

"Arti kemerdekaan buatku adalah kita memiliki kebebasan untuk menentukan yang kita inginkan dan butuhkan, hak-hak kita didapatkan, tentunya juga dengan menyelesaikan kewajiban-kewajiban kita. Itu adalah esensi kemerdekaan yang sesungguhnya," kata Andien, pada Senin (17/8/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berbeda

Sementara itu, perayaan kemerdekaan HUT ke-75 RI kali ini memang sangat berbeda dengan biasanya. Pasalnya, di tahun ini Indonesia merasyakan hari kemerdekaannya di tengah pandemi Corona Covid-19.

 

3 dari 4 halaman

Semangat Kemerdekaan

Andien pun merasakan perbedaan tersebut. Kendati demikian, Andien menegaskan meskipun di tengah pandemi, rasa nasionalisme harus tetap tumbuh.

"Biasanya ada hal-hal yang bisa kita lakukan bareng tetangga, atau di lapangan dekat komplek, tapi memang sekarang enggak banyak yang bisa dilakukan, tapi semangat kemerdekaannya tetap harus ada, tetap kibarkan bendera merah putih di depan rumah," kata Andien.

 

4 dari 4 halaman

Nyanyi Lagu Nasional

Selain itu, Andien juga melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa tetap menumbuhkan rasa nasionalismenya. Salah satunya adalah dengan menyanyikan lagu-lagu nasional bersama keluarganya.

"Dari pagi aku bersama anakku yang pertama, kita nyanyi-nyanyi lagu nasional di rumah, tetap rasa bangga menjadi bagian dari Indonesia itu tetap ada di hati," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.