Sukses

Rizky Febian Pernah Divonis Cuma Bertahan Hidup 6 Bulan

Liputan6.com, Jakarta - Anak pertama Sule, Rizky Febian, menceritakan pengalaman getir saat ia baru dilahirkan. Penyanyi berusia 22 tahun ini terlahir dalam keadaan prematur dengan ukuran tubuh yang kecil.

Kondisi ini membuat Rizky Febian mengalami beberapa gangguan kesehatan saat bayi. Hal ini diceritakan oleh Rizky dalam podcast Deddy Corbuzier. 

"Serius. Aku tuh tingginya cuma segede botol satu liter tuh enggak ada deh. Kaki aku segede permen kaki merah, segede itu. Perut aku itu dalamannya gerak-gerak. Aku diceritain langsung sama mama," ungkap Rizky Febian di YouTube Deddy Corbuzier, Sabtu (8/1/2020).

2 dari 5 halaman

Inkubator

Semestinya, ia harus menjalani perawatan di rumah sakit. Namun kala itu, Sule dan Lina Jubaedah tak memiliki biaya yang cukup. Alhasil, keluarganya membuat inkubator sendiri dengan alat seadanya.

"Kita kalau mau ke RS pasti biaya besar, akhirnya prosesnya aku kayak ayam. Aku diminyakin sebadan-badan sampai kepala semua, terus dikasih lampu, udah persis kayak ayam," papar pelantun "Kesempurnaan Cinta" tersebut.

3 dari 5 halaman

Keluhan Lain

Saat kecil, ia juga memiliki keluhan pada alat vitalnya. Dan pihak keluarga juga berusaha menyembuhkan penyakit itu sendiri.

"Terus aku punya penyakit apa aku lupa jadi kemaluan aku waktu bayi telornya suka naik ke atas, tiba-tiba enggak, dan yang ngurutin almarhum abah dan mama, setiap pagi pakai ludah. Aku diceritain ya, dalaman aku gerak-gerak," ia menjelaskan.

4 dari 5 halaman

Vonis

Hingga suatu hari, ia dibawa ke bidan. Saat itu, ia divonis tak dapat bertahan hidup untuk waktu yang panjang.

"Aku lahir cuma satu koma berapa, seminggu setelah lahir makin turun, makanya kaget. Di situ divonis engak akan bisa lebih dari enam bulan, wah, pada nangis keluarga. Dan ternyata pas enam bulan, teng, bidannnya yang enggak ada," ucap Rizky Febian.

5 dari 5 halaman

Bersyukur

Mengingat hal tersebut, Rizky Febian amat sangat bersyukur karena ternyata ia masih diberi umur panjang. Ia bisa tumbuh dengan sehat tanpa ada hal yang terlalu mengkhawatirkan.

"Alhamdulilah sekarang bisa sampai sebesar ini, enggak ada keluhan, cuma kalau kaki dulu aku sempat jatuh jadi sempat kayak pincang, kadang enggak, yang lain normal, aku juga suka olahraga, aman. Aku juga bisa tinggi," ia mengakhiri.