Sukses

Keliru Tunjuk Pemenang antara EXO-SC dan Blackpink, Ini Penjelasan Music Bank

Seharusnya yang memenangkan trofi minggu ini adalah EXO-SC, tapi yang ditunjuk adalah Blackpink.

Liputan6.com, Jakarta Episode acara Music Bank minggu ini, membuat kesalahan cukup fatal yang berkaitan dengan Blackpink dan EXO-SC. Diwartakan Soompi, Rabu (28/7/2020), pihak Music Bank keliru dalam menentukan pemenang mingguan di akhir acaranya.

Seharusnya yang memenangkan trofi minggu ini adalah EXO-SC, tapi yang ditunjuk Blackpink. Kekeliruan ini diakui acara musik stasiun TV KBS ini lewat pernyataan resmi mereka. 

"Kami ingin memberi tahu Anda bahwa terjadi kesalahan dalam urutan ranking di tangga lagu mingguan pada 24 Juli karena miskalkulasi," begitu pernyataan Music Bank. Mereka juga menyatakan, gelar pemenang akhirnya diberikan kepada EXO-SC, sementara Blackpink berada di posisi kedua. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Brodcast

Music Bank lantas menjelaskan duduk perkara hingga terjadi kesalahan penghitungan. Seperti diketahui, komponen penilaian yang menentukan pemenang adalah streaming digital, penampilan dalam broadcast, pilihan penonton, dan penjualan album.

Kesalahan hitung, ada di komponen penampilan broadcast, yang dikalkulasikan berdasarkan berapa kali lagunya diputar di acara KBS.

3 dari 5 halaman

Kesalahan dalam Satu Kategori

"Kesalahannya terjadi saat mengalkulasi kriteria ini dan setelah memeriksa skornya sekali lagi, kami memastikan bahwa telah terjadi kesalahan," pihak Music Bank menjelaskan. Alhasil, daftar tangga lagu pun kini diubah.

4 dari 5 halaman

Minta Maaf

Music Bank juga meminta maaf kepada EXO-SC dan Blackpink, berikut penggemar, karena insiden ini.

"Kami meminta maaf sedalam-dalanya kepada pemirsa yang menyukai Music Bank dan kedua artis karena menimbulkan kebingungan. Kami akan memastikan bahwa hal ini tak terjadi lagi pada masa mendatang," begitu penutup ucapan maaf Music Bank .

5 dari 5 halaman

1 Billion Views

EXO-SC sendiri baru comeback dengan album terbaru mereka, 1 Billion Views. Sub-grup dari EXO yang beranggotakan Chanyeol dan Sehun ini terbilang sukses.

Tak lama setelah rilis pada 13 Juli lalu, album ini menempati posisi puncak iTunes Top Albums di 50 negara, termasuk Kanada, Jepang, Saudi Arabia, dan Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.