Sukses

Tantri Comeback, Kotak Luncurkan Lagu Baru Berjudul Hoax

Liputan6.com, Jakarta - Kotak sedang mempersiapkan album baru sebagai penanda eksistensi mereka di panggung musik. Rencananya, album baru Kotak meluncur ke pasar musik Indonesia pada September 2020.

Mengawali rencana besar meluncurkan album baru, Kotak memperkenalkan single anyar dari album bertajuk Identitas itu. Kotak yang beranggotakan Chua, Cella, dan Tantri memperkenalkan "Hoax," lagu yang menceritakan penyebaran berita bohong.

Meski beraliran rok, Kotak juga menyumbang banyak hit bertema percintaan dan asmara. Sementara lirik tentang penyebaran berita bohong sendiri menjadi hal baru bagi Kotak.

2 dari 5 halaman

Meresahkan

Penyebaran berita bohong atau hoaks meresahkan banyak orang, termasuk para personel Kotak. 

"Alasannya mungkin berasal dari gerahnya kita dapatin berita, bukan berita bahkan mungkin kita sendiri atau keluarga kita gampang banget nyebarin hoaks melalui chat yang belum dicek segala macam," kata Tantri dalam jumpa pers virtual melalui aplikasi Zoom, Jumat (26/6/2020).

 

3 dari 5 halaman

Bahaya Hoaks

Hoaks, kata Tantri, memiliki pengaruh buruk serta berbahaya bagi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Ia mencontohkan penyebaran berita bohong mengenai isu agama dan kemanusiaan.

"Kalau enggak salah kan dua tahun lalu isu hoaks lagi gempur-gempurnya. Lagi yang pemecah belah membawa-bawa agama segala macam," sambung Tantri.

4 dari 5 halaman

Lagu Berbeda

Kotak merasa "Hoaks" menjadi pembeda dari lagu-lagu sebelumnya. Kendati demikian, nuansa rok yang menjadi ciri khas mereka sama sekali tak hilang di lagu tersebut.

"Dari pertama kali jamming kita kebayang, lagu ini harus anthemic dari lirik sampai lagunya, yang membedakan sama lagu sebelumnya. Saya mau menonjolkan sound hybrid yang kekinian. Jadi kita tetap ngikutin era tapi enggak menghilangkan benang merah. Tetap rok, tapi ikuti sound kekinian," Cella menjelaskan.

 

5 dari 5 halaman

Tantri Comeback

"Hoaks" sekaligus menandai kembalinya Tantri sebagai vokalis Kotak. Saat rehat hamil dan melahirkan, posisi Tantri digantikan oleh Melly Mono.

"Tadinya kita sudah siapkan sebelum Tantri cuti itu album selesai dan alhamdulillah ternyata selesai setelah pandemi ini. Berubah planning, jadi keluar September ke sana nanti tiap bulan ada beberapa single yang akan kita rilis buat bridging ke album," tutup Cella.