Sukses

Jerinx SID Terima Tantangan, Siap Bersalaman dengan Pasien Positif Corona Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Jerinx SID (Superman Is Dead) sempat menghebohkan dunia maya saat menyebut Corona Covid-19 hanyalah teori konspirasi. Jerinx bahkan siap jika ia disuntik virus Corona Covid-19.  

Kini, Jerinx SID kembali menjadi bahan perbincangan. Ia mengunggah tangkapan layar (screenshoot) pesannya kepada seorang dokter bernama Dewa Nyoman Sutanaya. 

Kepada Dewa, Jerinx SID mengaku menerima tantangan untuk bertemu pasien positif Covid-19 dan bersalaman tanpa menggunakan baju APD (alat pelindung diri).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 7 halaman

Terima Tantangan 

Dalam unggahan Jerinx di akun Instagram, ia menyampaikan pesan tersebut kepada dokter Dewa. "Siang Dok. Saya terima tantangan Anda. Kapan dan di mana saya bisa ketemu pasien positif CV19? Saya ingin bersalaman dengan mereka tanpa APD," tulis Jerinx.

 

3 dari 7 halaman

Keberatan Sang Dokter

Sebelumnya, Dewa keberatan dengan unggahan Jerinx yang memelesetkan singkatan organisasi profesinya. Dalam salah satu unggahannya, Jerinx memelesetkan WHO menjadi World Halu Organizatan. 

"Hashtag Anda merendahkan organisasi kami silakan Anda berpendapat apapun, termasuk soal 'hanya beberapa tenaga medis yang gugur' tp jgn pelesetkan organisasi kami seperti itu," tulis Dewa.

 

4 dari 7 halaman

Awal Mula Tantangan

Jerinx kemudian mengunggah tangkapan layar komentar dari warganet yang menjadi awal mula persoalannya dengan Dewa. "@dr_dewa Kasih kesempatan bli @jrxsid untuk ketemu masyarakat yg ODP TANPA MENGGUNAKAN APD," tulis akun @ym.duii.

"Loh jangan ODP donk... yg positif sekalian," balas Dewa.

"@dr_Dewa saya terima tantangan anda. Sebutkan nama rumah sakitnya dan kapan. Cek DM," Jerinx membalas.

 

5 dari 7 halaman

Terhalang Aturan

Dalam unggahannya, Dewa menyebut jika Jerinx bersalaman dengan pasien positif Covid-19 akan terhalang oleh aturan.

"1.Tantangan @jrxsid utk bertemn pasien covid-19 akan terhalang oleh seperangkat peraturan per UU Berta kode etik yg mengikat baik DOKTER maupun RS; 2. CONTOH..Coba cek pasal 29 ayat (1) huruf K UU no.44 tahun 2009 ttg RS (browsing!); 3.Dengan demikian protokol di RS tdk akan memungkinkan bagi siapapun, dan dengan dalih apapun (SEBESAR APAPUPUN NYALINYA). untuk mendatangi pasien covid-19 karena bertentangan dengan peraturan yang ada," tulis dr Dewa.

 

6 dari 7 halaman

Tak Menghalangi

Namun Dewa sebagai pribadi dan di luar keprofesiannya tidak menghalangi jika tantangan tersebut dilakukan Jerinx. "Tapi...sy sebagai pribadi dan diluar keprofesian sy sbg dokter tidak akan menghalangi apabila tantangan tsb dilakukan oleh YBS," imbuh Dewa.

7 dari 7 halaman

Warganet Heboh

Unggahan Jerinx langsung membuat warganet heboh. Mereka menuliskan berbagai komentar buat Jerinx. "Kalau ada apa2 jangan bilang konspirasi ya bli," tulis @bangalexdisini.

"Bang, kalo bisa setelah salaman. Dipeluk juga bang, kasih semangat kepada mereka," pinta @_neverstressedd.

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.