Sukses

Viral Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta Diserbu Warga, Hotman Paris Diminta Temui Jokowi

Liputan6.com, Jakarta Di tengah prediksi akan terjadi ledakan kasus infeksi Corona Covid-19 bulan ini, pada Kamis (14/5/2020) pagi, viral foto warga membanjiri terminal 2 Bandara Internasional Soekarno Hatta. Hotman Paris geram menyaksikan foto ini. 

Hotman Paris tampaknya hanya satu dari sekian banyak orang yang kesal mendapati warga mengular di bandara dan mengabaikan social dan physical distancing. Di Twitter, warganet mengecam aksi ini. 

Mereka mempertanyakan ke mana perginya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Di Instagram, Hotman Paris mengunggah foto kondisi terminal 2 via akun terverifikasi miliknya.

2 dari 5 halaman

PSBB?

Presenter program Hotman Paris Show dan Hotroom mengunggah tangkapan layar Instagram Stories milik Sofia Faika Putri, Miss Citizen Journalist Indonesia.

Dalam foto itu tercantum keterangan, “Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta pagi ini, Kamis (14/5) pagi.” Terdapat pula keterangan bernada sindiran, “PSBB?”

3 dari 5 halaman

Aturan Mana Yang Benar?

Menyertai foto ini, Hotman Paris menulis status teks yang memperlihatkan ia tak habis pikir dengan kebijakan pemerintah selama wabah Corona Covid-19. “Aduh apa ini benar? Aturan mana yang benar?” cuap pengacara kelahiran Laguboti, Sumatra Utara, 20 Oktober 1959 ini.

Ia pun mengkritisi fenomena ini dengan berujar, “Kenapa di toll di suruh balik Jakarta? Kalau terbang boleh?” Kembali, Hotman Paris minta klarifikasi dari Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Achmad Yurianto.

4 dari 5 halaman

Senggol Achmad Yurianto

Jubir: Pak Yuri tolong jelasin mana yang rakyat harus ikutin! Pak Yuri rajin suruh cuci tangan aja nih? Jelasin donk aturan mana yang berlaku?” pungkas Hotman Paris.

Dalam waktu kurang dari sejam, unggahan ini disukai lebih dari 26 ribu orang. Ribuan komentar membanjiri kolom. Mayoritas berisi kecaman. “Percuma deh gue mendekam di rumah aja kalau masih banyak yang begini. Kapan kelarnya ini Corona?” cuit seorang warganet dengan dua emotikon wajah berlinang. 

5 dari 5 halaman

Hotman Diminta Temui Jokowi

Yang lain meminta Hotman Paris menemui Presiden Jokowi. “Pak Hotman langsung saja protes ke Jokowi sebagai pemegang kekuasaan tertinggi,” pinta seorang warganet.

Iki piye maksude, Pak? Yang pakai bus sudah putar balik yang pakai pesawat aman?” tanya warganet lain. Hingga artikel ini disusun, belum ada pernyataan resmi dari pihak otoritas bandara maupun Menteri Perhubungan terkait gambar viral ini.