Sukses

Gombal Itu Indah, Karya Baru The Rain di Tengah Pandemi

Setelah The Rain menggelar rapat virtual dari rumah masing-masing, tercetuslah ide untuk merekam single tanpa harus bertemu.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah wabah virus Corona Covid-19 yang tengah melanda seluruh dunia, The Rain terpaksa harus menunda jadwal manggung hingga waktu yang belum ditentukan.

Hingga minggu kedua Maret 2020, seluruh personel The Rain, yaitu Indra Prasta (vokal, gitar), Iwan Tanda (gitar), Ipul Bahri (bass), dan Aang Anggoro (drum), masih mengikuti anjuran pemerintah untuk di rumah saja.

Maka, untuk sementara ini para personel The Rain tidak bertemu terlebih dahulu dan tetap berfokus menjaga diri serta keluarga masing-masing.

Bahkan, tim produksi The Rain pun terpaksa dirumahkan untuk sementara waktu demi menjaga keselamatan bersama di tengah kondisi pandemi ini.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rekaman Tanpa Bertemu

Sampai pada April 2020, The Rain melihat kondisi masih belum membaik. Mereka pun menggelar rapat virtual dari rumah masing-masing hingga tercetuslah ide untuk merekam single tanpa harus bertemu.

Ini merupakan salah satu hal yang belum pernah dilakukan oleh The Rain selama lebih dari 18 tahun berkarya.

“Ini kami lakukan sekaligus untuk mengirimkan pesan semangat ke teman-teman di mana pun berada, bahwa kita masih bisa tetap produktif di saat yang sulit ini,” ujar Indra dalam keterangannya kepada wartawan, belum lama ini.

3 dari 5 halaman

Lagu Lama

Lagu “Gombal Itu Indah” pun terpilih sebagai single baru mereka. Awalnya, lagu ini hendak ditulis untuk album ketiga The Rain, Serenade, yang rilis pada 2007. Namun lagu tersebut batal dimasukkan ke dalam album tersebut maupun album-album selanjutnya.

Proses penciptaan lagu tersebut dilakukan dari rumah masing-masing. Mulai dari bongkar pasang aransemen lagu hingga rekaman seluruh instrumen.

4 dari 5 halaman

Terbiasa Mengerjakan Sendiri

Seluruh data mentah hasil rekaman dikirimkan kepada Iwan, sang gitaris, yang juga bertugas sebagai audio engineer yang mengerjakan mixing dan mastering dari rumah.

“Kami memang sudah terbiasa mengerjakan berbagai hal teknis secara swadaya sejak The Rain menempuh jalur independen pada tahun 2013. Namun kali ini keadaannya benar-benar berbeda. Mau tidak mau semua harus dikerjakan dari rumah," tambah Iwan.

5 dari 5 halaman

Memicu Kreativitas

Tak terhenti di situ, pengerjaan artwork hingga video lirik single ini juga dilakukan dari rumah. Namun, The Rain berhasil menyelesaikan lagu yang dibuat tanpa pertemuan ini demi bisa menghibur para pencinta musik The Rain.

“Keterbatasan kami dalam kondisi yang sekarang ini justru memicu kreativitas kami. Bukan berarti di rumah saja, proses kreatif ikut berhenti. Kami tetap bikin karya,” tutup Aang, sang drummer yang juga membuat design artwork lagu "Gombal Itu Indah".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini