Sukses

Nasihati Luna Maya, Dewi Sandra: Kalau Tidak Berdoa, Kita Sombong

Liputan6.com, Jakarta - Luna Maya dan Dewi Sandra berdiskusi tentang proses hijrah. Artis berusia 40 tahun itu bercerita mengenai perjalanan hijrahnya yang sudah dimulai sejak tujuh tahun lalu.

Setelah berbincang panjang, percakapan mereka sampai kepada persoalan doa. Luna Maya bertanya kepada Dewi Sandra, apakah boleh, seorang hamba meminta terus menerus kepada Tuhan-nya?

Selama ini, yang dilakukan Luna Maya hanyalah bersyukur tanpa diiringi dengan permohonan. Ia, merasa tak pantas bila terus meminta secara spesifik.

"Akhirnya setiap aku berdoa aku cuma bilang thank you God for today. Aku cuma bilang thank you, thank you ya my body sudah sehat hari ini," ujar Luna Maya di saluran YouTube-nya pada Jumat (24/4/2020).

"Aku bingung juga, karena minta spesifik kayak, kita kan hina banget di hadapan Tuhan, for our sins, kayaknya lo sudah banyak dosa, lo minta-minta. Is it okay for minta spesifik doa yang kita mau dalam hidup kita?" tanya aktris 36 tahun ini pada Dewi Sandra.

2 dari 4 halaman

Kasih Allah Itu Luas

Mendengar hal ini, Dewi Sandra memberi contoh yang sederhana dan mudah dipahami. Ia mengatakan, bila ada seseorang terus-terusan meminta uang kepada temannya, tentu hal ini akan membuat jengah. Namun tidak demikian dengan Tuhan.

"You are putting Allah in a box, seolah Allah punya perasaan, 'Kok dia minta terus'. Sedangkan Allah itu Maha Besar, Allah itu Maha baik, Allah itu Maha Pengasih, jadi ngasihnya tuh luas," jelas Dewi Sandra.

"Dan sebelum kita ngomong pun kan Allah sudah tahu (apa yang diinginkan). Cuma the thing about prayer is you are humbling yourself, kita menjatuhkan diri kita, karena kita hamba. Posisi kita memang untuk itu (untuk meminta)" sambungnya.

3 dari 4 halaman

Jangan Hanya yang Bersifat Duniawi

Dewi Sandra lalu mengingatkan untuk tak selalu meminta tentang hal yang bersifat duniawi. Alangkah baiknya jika meminta sesuatu untuk kebaikan di dunia sampai akhirat.

"Jadi kalau mau minta sesuatu mintalah yang long term. Dan pas itu gue mikir, 'Oh iya ya, kok gue minta mobil, kenapa gue enggak minta surga? Kok gue minta rumah, kenapa gue enggak minta diselamatkan nanti (di akhirat), or hidayah, or whatever'," ujar istri Agus Rahman ini.

4 dari 4 halaman

Sombong Bila Tak Berdoa

Jadi, Dewi Sandra mengatakan pada Luna Maya untuk tidak sungkan memohon kepada Tuhan. Tentu, doanya juga harus dilakukan dengan penuh keikhlasan.

"Justru kalau kita enggak minta, kita sombong. Kan Allah tahu Luna pengin ini, tapi kok lu enggak minta, mintalah, gue mau dengar lo minta," tuturnya.

Mendengar penjelasan ini, hati Luna Maya menjadi sangat tersentuh. Ia bahkan sampai mengambil tisu dan menyeka wajahnya."Iya benar, that's make sense," ucap bintang film The Doll itu.