Sukses

Mengenang Lagu Karya Glenn Fredly untuk Dewi Sandra dan Aura Kasih

Liputan6.com, Jakarta - Glenn Fredly meninggal dunia di Jakarta, pada Rabu (8/4/2020) malam, setelah berjuang melawan penyakit meningitis. Hingga kini, kepergian pelantun "Kasih Putih" dan "Januari" menyisakan duka bagi keluarga maupun rekan sesama musisi. 

Semasa hidupnya, Glenn Fredly dikenal sebagai sosok romantis dan kreatif. Tak hanya piawai menyanyi, Glenn Fredly dikenal sebagai penulis lagu andal untuk diri sendiri maupun dibawakan penyanyi lain. 

Dalam catatan kami, Glenn Fredly pernah menulis lagu untuk solis perempuan seperti Pingkan Mambo, Helena, Joy Tobing, Rossa, Dewi Sandra, hingga Aura Kasih. Seperti diketahui, pada 2006, Dewi Sandra menikah dengan Glenn Fredly di Bali. Rumah tangga keduanya  hanya bertahan selama tiga tahun.

2 dari 5 halaman

Duet

Kolaborasi kreatif antara Dewi Sandra dan Glenn Fredly kala itu menghasilkan dua lagu. Pertama, sekitar 2007, Glenn dan Dewi menyanyikan kembali tembang klasik "When I Fall in Love" karya Victor Young dan Edward Heyman, rilisan tahun 1952.

Kali pertama dirilis, "When I Fall In Love" versi Dewi Sandra dan Glenn Fredly mengingatkan publik pada versi duet Celine Dion dan Clive Griffin tahun 1993. Bedanya, versi Celine-Clive mengusung genre pop tradisional. Di tangan Glenn-Dewi, lagu ini kental nuansa R&B dengan tempo medium.

3 dari 5 halaman

Cinta Lama

Kedua, pada 2007, Dewi Sandra merilis album solo keempat bertajuk Star bersama perusahaan rekaman Universal Music Indonesia. Musiknya bergenre pop R&B. Glenn Fredly ikut menyumbang lagu untuk Dewi Sandra berjudul "Cinta Lama".

"Cinta Lama" menceritakan pasangan yang kembali menyatu atau CLBK. Namun kala itu, lagu yang dijadikan andalan dari album Star, justru "I Love You" dan "Buktikan" (featuring Ryan Pasto).

4 dari 5 halaman

Aura Kasih dan Renjana

Tak hanya Dewi Sandra, Aura Kasih juga dipercaya membawakan karya Glenn Fredly berjudul "Renjana." Lagu ini sebenarnya sudah ada di album kesembilan Glenn Fredly berjudul Luka, Cinta, dan Merdeka rilisan tahun 2012.

Sayang, hingga Glenn Fredly berpulang, "Renjana" versi sang mantan kekasih belum diluncurkan ke pasar. Lagu yang keluar dari tenggorokan Neng Aura diaransemen musisi Ali Akbar. 

Kata "Renjana" sendiri sempat viral di jagat maya pekan lalu. Kata ini digunakan Aura Kasih saat menyampaikan ekspresi duka cita atas kepergian sang mantan terindah. 

5 dari 5 halaman

Makna Renjana

"Selamat berbahagia bersama Tuhan, Renjana," tulis Aura Kasih di akun Instagram terverifikasi miliknya, pada Rabu (8/4/2020) malam. Bersama ungkapan itu, ia mengunggah tiga gambar hitam polos dengan tulisan 'renjana' berwarna ungu.

Beberapa jam kemudian, kata renjana dan maknanya trendi di mesin pencarian Google. Aura Kasih kemudian menghapus unggahan ini. Renjana artinya rasa hati yang kuat, perpaduan antara rindu dan cinta kasih.