Sukses

Najwa Shihab Kumpulkan Donasi Rp 10 Miliar, Uangnya Buat Apa?

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu seleb Tanah Air yang getol mengampanyekan Di Rumah Aja untuk menahan laju wabah Corona Covid-19, Najwa Shihab. Lewat akun Instagram terverifikasi miliknya, Najwa Shihab mengumumkan pergelaran konser Di Rumah Aja.

Konser ini diperkuat sejumlah musisi papan atas dari Rossa, Raisa, Vidi Aldiano, Ari Lasso, Iwan Fals, Afgan, Ariel Noah, hingga Bapak Patah Hati Nasional, Didi Kempot.

Masyarakat bisa menikmati konser ini sembari berdonasi seikhlasnya di laman kitabisa. Pada Minggu (29/3/2020), Najwa Shihab buka suara terkait dana yang telah terkumpul. 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rp 10 Miliar

Tak main-main, dana yang digalang mencapai 10 miliar rupiah lebih. Najwa Shihab mengonfirmasi dana ini kepada publik dan menjelaskan uang tersebut dipakai buat apa saja.

Mengunggah tangkapan layar dari lama situs kitabisa, Najwa Shihab memberikan penjelasan resmi. “Bismillah. Ini up date donasi Solidaritas Lawan Corona lewat Konser Musik #dirumahaja. Rp. 10.052.837.646 (29 Maret pukul 14 WIB) dari 80.312 donatur,” beri tahu Najwa Shihab.

3 dari 5 halaman

Alat Pelindung Diri

Ia mengingatkan, penggalangan dana ini masih akan dibuka sampai 16 hari ke depan. Donasi segera distribusikan melalui 5 program yang dijalankan sejumlah lembaga yang sudah dikurasi bersama @kitabisacom.

Presenter Mata Najwa menjabarkan, “Kebutuhan APD (alat pelindung diri -red.) bagi tenaga medis, program ini dijalankan oleh PMI. #BisaSteril, mensterilkan ruang-ruang rentan dengan menyemprotkan disinfektan.”

 

4 dari 5 halaman

Program Bantuan Sembako

Presenter kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan, 16 September 1977, ini juga mengalokasikan dana untuk program bantuan sembako bagi masyarakat rentan dan pekerja informal.

Menurut Najwa Shihab, pekerja informal yang kehilangan penghasilan selama wabah Corona layak dijangkau. “#RantangHati, membagikan makanan gratis kepada para pekerja di luar sekaligus membuat pedagang warung makan tetap laku dan terhidupi,” Nyonya Ibrahim Sjarief Assegaf menyambung.

5 dari 5 halaman

Soliter Sambil Berjaga

Terakhir, namun tak kalah penting, uang para donatur dipakai untuk mendukung gerakan Belajar Di Rumah. “Membuat, mengumpulkan dan mengirimkan paket alat belajar sederhana nondigital kepada anak rentan dengan akses internet terbatas,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Najwa Shihab mengingatkan, masih banyak kebutuhan kelompok masyarakat rentan yang terdampak pandemi Corona Covid-19.

Jadi mari turun tangan,” ajak Najwa Shihab lalu menambahkan, “Dengan soliter kita sedang berjaga-jaga. Dengan solider kita berjuang sama-sama.”