Sukses

Rinni Wulandari Curhat Saat Jatuh Bangun Selama Berkarier Hingga Ditolak Label

Liputan6.com, Jakarta - Rinni Wulandari telah 13 tahun malang melintang di dunia tarik suara. Rinni Wulandari telah mengeluarkan banyak karya sejak 2007 silam.

Namun di balik itu semua  sedikit yang mengetahui bahwa ada banyak perjuangan hingga masa-masa kelam yang dialami oleh Rinni Wulandari. Berangkat dari pengalaman-pengalaman itu, Rinni Wulandari kemudian menuangkannya menjadi sebuah karya.

Rinni Wulandari merilis sebuah single terbaru berjudul "Born Ready". Saat ditemui dalam acara peluncuran single tersebut, Rinni Wulandari menceritakan proses kreatif pembuatan single tersebut.

 

2 dari 5 halaman

Perjuangan

"Orang nggak tau struggle aku berkarya selama 13 tahun. Lagu ini cerita up and down aku dalam berkarier dan berkarya dengan rasa terpaksa. Ada masa di mana aku kasih lagu ke label tapi ditolak," kata Rinni Wulandari pada Kamis (30/1/2020).

 

3 dari 5 halaman

Sempat Putus Asa

Bahkan, Rinni Wulandari sempat mengalami putus asa dan patah semangat di tengah-tengah kariernya. "Titik terendah dalam karier pada 2010. Baru tiga tahun karier, aku ngerasa semua too much aja. Aku nyanyi dengan lagu yang aku enggak mau dan suka. Itu batin banget dan berantem dengan diri sendiri," kata Rinni Wulandari.

"Aku hilang kepercayaan diri sama diri sendiri. Pada 2014 aku mulai dari 0. Aku lagi struggling, papa aku meninggal. Kayak sudah mau bangkit tapi dijatuhin lagi. Pas papa meninggal nggak semangat lagi dalam berkarier dan nggak ada ide mau ngapain," lanjut Rinni Wulandari.

 

4 dari 5 halaman

Bangkit

Namun Rinni Wulandari berhasil bangkit dan kembali bertahan di industri musik Tanah Air. Rinni Wulandari telah menemukan jati dirinya lewat lagu "Born Ready" ini.

"Semenjak menikah dan punya anak support system aku semakin kuat dan bertahan di musik. Aku merasa sekarang banyak musisi yang semakin jujur dalam berkarya. Apapun itu balik lagi ke diri sendiri. Intinya terus produktif," kata Rinni Wulandari lagi.

 

5 dari 5 halaman

Inspirasi

Rinni Wulandari berharap single barunya ini juga bisa menginspirasi orang lain agar tetap semangat menjalani kehidupan. Meskipun harus melewati masa-masa paling sulit dalam hidup.

"Born ready untuk menginspirasi orang, segala sesuatu ada up and down. Intinya hanya diri kita yang tahu bagaimana jalan keluarnya. Dari lahir kita dikasih kemampuan menuntaskan semua hal buruk dan baik. Jadi kalau gua bisa, semua orang juga bisa. Itu latar belakang pembuatan lagu ini," ungkap Rinni Wulandari.