Sukses

Chen EXO Dituntut Penggemar untuk Mundur dari Grupnya

Sebaliknya, banyak penggemar internasional yang menolak tuntutan agar Chen EXO mundur.

Liputan6.com, Seoul - Chen EXO masih menuai komentar pedas setelah mengumumkan rencana pernikahan dan kehamilan kekasihnya pada 13 Januari lalu. Bahkan kini muncul tuntutan dari penggemar agar pria bernama asli Kim Jongdae itu mundur dari EXO.

Dilansir dari Koreaboo, Kamis (16/1/2020), tuntutan ini muncul dari EXO-L Ace, salah satu kelompok besar yang berisi kumpulan para penggemar grup Chen EXO dkk.

Mereka menuding keberadaan Chen EXO akan merusak citra grup pelantun "Growl" itu.

"Chen yang telah menyakiti dan menimbulkan kekacauan kepada penggemar, hanya akan menyakiti citra grup bila ia tetap meneruskan promosi bersama mereka," begitu isi pernyataan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Dianggap Merusak Citra

Kelompok penggemar ini mendesak SM Entertainment untuk mengeluarkan Chen karena telah membuat nama EXO buruk.

"Selama bertahun-tahun, EXO mempertahankan status mereka tapi langkah egois Chen telah merusak kerja keras mereka selama sembilan tahun. Bahkan tak sampai sehari setelah berita tentang Chen, kata kunci seperti 'idol yang menikah' telah disertakan dalam artikel tentang EXO," begitu penjelasan mereka.

Mereka berargumen bahwa perilaku Chen bisa mengubah pandangan publik terhadap grup ini secara permanen. Imbasnya, kata mereka, EXO akan sulit untuk memasarkan diri mereka sebagai idol.

3 dari 6 halaman

Perpecahan

Alasan kedua, fandom grup ini yakni EXO-L dianggap mengalami perpecahan karena perbedaan dalam menyikapi pernikahan Chen.

"Selama lebih dari sembilan tahun, meski menghadapi berbagai isu dan skandal, EXO-L telah terus bersatu dalam acara voting offline dan online demi EXO sebagai grup. Namun, karena tindakan Chen yang luar biasa tidak bertanggung jawab, fandom mulai runtuh."

Menurut mereka, landasan hubungan yang baik antara fandom dengan idolanya adalah kepercayaan. Dan mereka mengaku telah kehilangan rasa percaya terhadap Chen.

4 dari 6 halaman

Rencana Grup

Yang terakhir, mereka juga mengkritisi rencana kegiatan EXO ke depannya, yang menurut mereka tak jelas.

"Alasan ketiga, jadwal grup yang tak jelas hanya akan merugikan fandom dan sang artis. Bila Chen tidak meninggalkan grup, EXO-L tak bisa terus mendukung EXO dengan hati ikhlas."

5 dari 6 halaman

Ultimatum

Mereka juga memberikan ultimatum kepada SM Entertainment yang menungi EXO, sampai tanggal 18 Januari. Bila tuntutan ini tak dipenuhi, mereka akan melakukan metode protes secara langsung maupun tak langsung.

6 dari 6 halaman

Tidak Mewakili

Hanya saja, EXO-L tampaknya tidak satu suara dengan tuntutan ini. Di Twitter, muncul tagar KEXOL_DONT_REPRESENT_ME, yang bermakna tuntutan EXO-L Korea ini tidak mewakili aspirasi para penggemar internasional.

Saat berita ini ditulis, tagar tersebut bertengger di posisi nomor dua trending topic dunia dan Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini