Sukses

Rayi RAN Bangga Gabung Label Hip Hop Terbesar di Dunia

Rayi RAN masih mencoba mengejar mimpinya secara personal, khususnya untuk musik hip hop.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Rayi RAN memang sudah tidak asing lagi di industri musik Tanah Air. Bersama RAN, Rayi sudah meramaikan belantika musik Indonesia selama lebih dari sepuluh tahun.

Rupanya hal itu belum cukup bagi Rayi RAN. Ia masih mencoba mengejar mimpinya secara personal, khususnya untuk musik hip hop.

Untuk mewujudkannya, Rayi RAN pun bergabung dengan Def Jam Recordings, sebuah label musik hip hop terbesar di dunia, yang kini membuka divisi baru di Asia Tenggara, salah satunya Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Label Besar

"Ini adalah launching dari label Def Jam Indonesia. Def Jam itu adalah label hip hop terbesar di dunia di bawah Universal Music Group, tapi dia baru beberapa bulan yang lalu mengeluarkan Def Jam divisi Asia Tenggara, dan hari ini launching yang untuk di Indonesia," kata Rayi RAN saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (17/12/2019).

3 dari 7 halaman

Kebanggaan Tersendiri

Hal itu jelas memberikan kebanggan tersendiri bagi Rayi RAN karena telah dipercaya oleh label Def Jam Indonesia sebagai wakil artis dari Indonesia. Selain Rayi RAN, ada tiga rapper lain yang juga digaet Def Jam Indonesia, yaitu Ben Utomo, Mukarakat, dan Ariel Nayaka.

4 dari 7 halaman

Rapper Terbaik

"Merasa bangga sekali dan merasa terhormat bahwa mereka tertarik untuk mengikutsertakan saya dalam tim mereka ya. Karena apa yang mereka lakukan sekarang adalah mengumpulkan rapper dan penyanyi yang di genre RnB, hip hop, yang terbaik dari negara-negara di Asia Tenggara, dari Malaysia juga dari Singapura juga, dari Thailand, Filipina dan Vietnam," kata Rayi RAN.

5 dari 7 halaman

Tak Perlu Diragukan

Di kancah internasional sendiri, Def Jam adalah label independen musik hip-hop yang namanya sudah tidak perlu diragukan lagi. Beberapa musisi besar yang ada di bawah naungannya merupakan rapper papan atas seperti Public Enemy, LL Cool J, Nas, Jay-Z, Kanye West, Logic, Big Sean dan 2 Chainz.

6 dari 7 halaman

Lebih Besar

Wisnu Surjono, selaku Managing Director Universal Music Indonesia optimis dengan diluncurkannya Def Jam Indonesia, musik hip hop di tanah air bisa lebih menggeliat tumbuh ke arah yang lebih besar lagi.

7 dari 7 halaman

Kolaborasi Rapper

"Semoga peluncuran label ini bisa menjadi salah satu bagian dari pertumbuhan budaya hip-hop dan rap di seluruh negeri. Tidak hanya memfasilitasi kolaborasi antar rapper di Tanah Air, Def Jam Indonesia dibantu oleh Def Jam Southeast Asia telah dan akan terus memfasilitasi kolaborasi rapper Tanah Air dengan negara tetangga," ujar Wisnu Surjono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini