Sukses

Alasan Band Kotak Sering Ikut Kegiatan Menanam Pohon

Liputan6.com, Jakarta Grup band Kotak juga dikenal sebagai aktivis lingkungan hidup. Tantri, Chua dan Cella seringkali terlibat dalam beberapa aksi, salah satunya adalah menanam pohon. Band Kotak memang juga didaulat menjadi Duta Lingkungan Djarum Trees For Life.

Band Kotak melakukan aksi penanaman pohon secara simbolis di Jalan Tol Solo-Kertosono yang berada di daerah Ngawi. Hal ini memang bukan menjadi hal yang biasa bagi Kotak.

"Ini bukan yang pertama kita lakukan. Sebelumnya kita juga pernah menanam trembesi bareng di Banten. Kali ini kita mendapat kesempatan lagi di Jalan Tol Kartosuro-Ngawi, alhamdulillah," ujar Tantri Kotak saat ditemui di Alun-Alun Ngawi, Jawa Timur, Rabu (14/8/2019).

Menanam pohon sangatlah penting. Band Kotak menganggap penanaman pohon sangat berguna untuk generasi yang akan datang. Apalagi, saat ini polusi udara kerap kali dibicarakan secara luas.

"Sangat penting ya, mungkin ini salah satu solusi yang kita butuhkan selama ini. Karena kalau ngomongin polusi sekarang kan lagi gencar-gencarnya di beberapa titik, khususnya di Jakarta. Kalau di sini kan salah satu solusi yang kita memang nggak mesti melulu minta tolong sama pemerintah. Kalo Djarum sudah membantu kayak gini, patut diikutsertakan, patut diapresiasi," ujar Tantri Kotak.

 

2 dari 3 halaman

Menyebarkan

Sementara itu, personel Kotak lainnya, Chua mengaku beruntung bisa menjadi pihak yang ikut menyebarkan kabar baik ini. "Kita termasuk beruntung jadi orang-orang yang bisa menyebarkan berita positif ini," ujar Chua.

Saat disinggung langkah yang dilakukannya selain aksi penanaman pohon, Chua mengaku kalau dirinya sudah melakukannya di lingkungan keluarga terdekat. Salah satunya dengan mengajarkan kepada anaknya.

"Kalau aku di rumah biasanya, sore-sore gini nyiram tanaman bareng sama anak.  Selain dia main air, dia juga tau kalau pohon-pohon di rumah tumbuh subur. Terus mengajak juga naik kendaraan umum. Terus dari kita kemana-mana bawa tumbler, kayak gitu sih, dari hal sepele lah," kata Chua.

 

3 dari 3 halaman

Penanaman Pohon

Acara penanaman pohonnya sendiri dilakukan bekerjasama dengan PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri dan Pemerintah Kabupaten Ngawi, seremoni Penanaman 10.000 Trembesi sepanjang 87 KM Ruas Tol Ngawi – Kertosono diselenggarakan di Alun – Alun Kabupaten Ngawi, Jawa Timur pada Rabu (14/8).

Vice President Director Djarum Foundation, FX Supanji menuturkan program Penanaman Trembesi 87 KM Ruas Tol Ngawi – Kertosono ini merupakan langkah nyata dari Djarum Foundation untuk memperbaiki lingkungan dan kualitas udara demi masa depan yang lebih baik.

“Program ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian, tanggung jawab, serta komitmen Djarum Foundation terhadap lingkungan guna mengurangi efek pemanasan global dan menciptakan lingkungan yang bersahabat bagi Indonesia di masa depan,” ujar FX Supanji, di sela rangkaian seremoni.

Sementara itu, Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar, ST, MH, menyambut baik upaya perbaikan lingkungan yang dilakukan oleh Djarum Foundation. Menurutnya, menjaga lingkungan agar tetap hijau merupakan kewajiban semua pihak, baik pemerintah, swasta hingga elemen masyarakat. “Sinergi dari tiga pilar ini sangat penting dalam pelestarian lingkungan. Untuk itu, saya berharap kegiatan penanaman seperti ini bisa memotivasi pihak-pihak lain dalam melakukan hal serupa sehingga dapat meningkatkan kualitas kehidupan yang berkelanjutan,” tutur Ony Anwar.