Sukses

Biodata Raisa Andriana, Perjalanan Karir, Hingga Akan Memiliki Buah Hati

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memiliki penyanyi solo wanita berbakat, salah satunya adalah Raisa. Wanita dengan paras yang cantik ini membuat banyak penggembar laki-lakinya cemburu setelah dirinya dipersunting oleh aktor Hamish Daud.

Buat kamu yang penasaran dengan biodata Raisa, berikut akan Liputan6.com, Minggu (13/1/2019) rangkum di tulisan ini. Biodata Raisa kali ini dibuat untuk melihat proses karirnya hingga saat ini mau menjadi seorang ibu.

2 dari 4 halaman

Biodata Raisa Andriana

Raisa Andriana atau kerap dikenal dengan panggilan Raisa, merupakan salah satu penyanyi solo Indonesia yang berprestasi. Raisa lahir di Jakarta pada 6 Juni 1990 dari pasangan Allan N. Rachman dan Ria Marianty.

Sewaktu kecil, Raisa memiliki nama panggilan yang sempat tidak disukainya. Kedua orang tuanya memanggilnya dengan nama Sasha. Karena dirinya masih susah mengeja kata dengan jelas, panggilan itu diganti dengan nama Yaya agar lebih mudah diucapkan. Tapi, semakin beranjak dewasa, ia merasa aneh dengan panggilan itu.

Jadi, dulu dirinya sering ngambek kalau ada yang menggoda dengan memanggil Yaya. Sampai sekarang, masih ada beberapa teman yang suka memanggil dirinya dengan Yaya, nama ini menjadi nama panggilan akrab untuknya. Raisa sudah mulai menunjukkan ketertarikan dalam dunia tarik suara sejak masih kecil. Saat umurnya 3 tahun, ia pernah menyanyikan lagu dari soundtrack Aladdin, A Whole New World. Lagu itu diperkenalkan oleh orang tuanya, yaitu sang ibunda. Kemudain Ibunda Raisa menyadari kalau Raisa kecil memiliki bakat di bidang tarik suara.

Ia mampu melantunkan nada dengan benar dan tidak fals. Lirik dalam bahasa Inggris pun bisa ia lafalkan dengan jelas. Kelebihan itu belum tentu dimiliki oleh anak kecil seusianya. Musikalitas yang dimiliki Raisa banyak terinspirasi dari musisi popular Amerika Serikat seperti Brian MvKnight, Alicia Keys, dan Joss Stone.

Sebelum dirinya menjadi penyanyi terkenal, ia banyak menyalurkan bakatnya sebagai penyanyi regular di beberapa kafe. Mulai dari situ ia mendapatkan banyak pengalaman dan peluang dalam perjalanan bermusiknya. Tidak hanya bernyanyi, dirinya juga menguasai alat musik instrument seperti piano. Hampir 80% lagu dari albumnya ia ciptakan sendiri.

3 dari 4 halaman

Perjalanan Karir

Tidak hanya bermodalkan tampang saja, kalau kamu tahu biodata Raisa Andriana secara lengkap, perjalanannya untuk bisa seperti sekarang cukup melalui perjuangan yang panjang. Dirinya benar-benar memulai karirnya dari bawah. Kalau hanya sekedar mengetahui biodata Raisa saja tidak lengkap rasanya tanpa mengetahui bagaimana perjuangannya sampai bisa sesukses ini.

Raisa mulai menyanyikan lagu debutnya, Serba Salah, pada tahun 2011. Selain bernyanyi, ia juga kerap melebarkan sayap ke dunia seni peran dengan memulai debut aktingnya pada film Terjebak Nostalgia yang tayang pada tahun 2016.

Mengawali Karirnya Bersama Kevin Aprillio

Raisa pernah manjadi vokalis band Andante pada tahun 2008 lalu. Merupakan sebuah grup band bentukan Kevin Aprillio. Kemudian band tersebut berubah nama menjadi Vierra yang sekarang lebih dikenal dengan Vierratale.

Bersama Raisa, band ini sudah beberapa mengeluarkan single. Salah satunya adalah lagu Seandainya, yang masuk ke dalam album pertama Vierra dan menjadi salah satu single andalan.

Karena mendapat respon yang kurang dari penikmat musik, Kevin pun mengajak Widy Soediro Nichlany untuk menjadi vokalisnya. Widi lebih cocok untuk mengisi posisi ini, dibandingkan profil Raisa. Karena faktor itulah, Kevin dan menajemen memutuskan untuk mengganti posisi Raisa dengan Widy.

Menjadi Backing Vocal RAN

Menjadi backing vocal RAN sepertinya menjadi pintu gerbang kesuksesannya di dunia Tarik suara. Dirinya melakukan ini bersama RAN untuk mengisi acara Java Jazz 2008. Di situ dirinya punya kesempatan untuk bertemu dengan Astono Handoko atau yang lebih dikenal dengan Asta yang kemudian mengenalkannya pada Universal Music, sebuah label besar berskala Internaisonal.

Label inilah yang kemudian memproduseri album debut Raisa. Tidak hanya sukses di dalam negeri, album perdananya sukses bahkan sampai Malaysia dan Brunei Darussalam dengan single andalan Serba Salah.

Merilis Album Pertama

Pada 3 November 2010, dirinya membuat video akustik untuk single Serba Salah dan mengunggahnya di YouTube. Kemudian pada 2011, Solid Records dan Universal Music Indonesia memproduseri album pertama untuknya. Beberapa lagu andalannya seperti Apalah (Arti Menunggu), Could it Be, dan Serba Salah ini pun sukses memanjakan telinga para penikmat musik Indonesia.

Lagu debut Serba Salah ini sukses mengantarkan namanya ke dalam jajaran penyanyi wanita terbaik sampai saat ini. Lagu ini sukses memuncaki posisi tangga lagu di hampir seluruh radio di Indonesia pada 2011. Dari lagu ini, ia sukses mendapatkan penghargaan Penyanyi Pendatang Baru Terbaik dalam ajang Anugerah Musik Indonesia pada tahun 2012 silam. Profil Raisa pun menjadi lebih dikenal publik.

 

4 dari 4 halaman

Pernikahannya dengan Hamish Daud

Tidak hanya karirnya yang membuat publik kagum dengan dirinya, pernikahan Raisa Andriana dan Hamish Daud juga turut menjadi perhatian netizen. Keduanya sama-sama dianggap netizen sebagai sosok sweetheart yang telah resmi menjadi pasangan suami istri pada 3 September 2017 silam yang berlangsung di Ayana MidPlaza, Jakarta Pusat.

Selang beberapa menikah dengan Hamish Daud, dirinya pun mengumumkan bahwa mereka segera dikaruniai buah hati. Hal ini diungkapkan oleh Raisa melalui insta stories di akun Instagramnya @raisa6690 pada Senin (20/8/2018). Penyanyi 28 tahun ini mengunggah sebuah cuplikan video yang nantinya langsung terhubung ke akun YouTube milik Raisa. Video itu memperlihatkan Raisa tengah cek kehamilan di sebuah rumah sakit serta reaksi keluarga besar mereka saat mendengar kabar kehamilan tersebut.

Bulan Desember 2018 lalu Raisa baru saja mendapat kejutan Baby Shower dari orang-orang terdekatnya. Pergantian tahun pun mereka rayakan berdua di Bali. Saat ini usia kandungan Raisa sudah memasuki usia 5 bulan. Di tahun baru 2019 ini, Hamish Daud mengungkapkan keinginannya, terlebih ia juga tengah menantikan kelahiran buah hatinya dengan Raisa.

Reporter: Nisa Mutia Sari