Sukses

Sukses Dilan 1990, Pidi Baiq Bikin Koboy Kampus

Pidi Baiq yang juga Imam Besar Panasdalam adalah orang di balik kisah sukses film Dilan 1990.

Liputan6.com, Jakarta Sukses film Dilan 1990 yang mengantongi 6,2 penonton, tak lepas dari sosok Pidi Baiq. Musisi yang disebut-sebut sebagai Imam Besar Panasdalam ini adalah penulis sekaligus sutradara cerita film Dilan 1990.

Kini, seakan ingin melanjutkan sukses tersebut, Pidi Baiq bersama Panasdalam akan membuat film berjudul Koboy Kampus. Rencananya, film ini akan tayang pada tahun 2019 mendatang.

Film Koboy Kampus bercerita tentang kehidupan mahasiswa senirupa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang terjadi di kurun waktu 1995 hingga era reformasi pada 1998, yang dibalut dengan sajian humor yang segar. Semua personel Panasdalam juga merupakan alumni kampus ITB.

"Understanding The Panasdalam. Memahami The Panas Dalam, sejarah munculnya kita. Jadi sebelum film, sudah ada lagunya. Lagunya tentang mahasiswa yang enggak lulus-lulus, rintihan, dan keluh-kesah mahasiswa," ujar Pidi Baiq saat wawancara di kantor Warner Music Indonesia, kawasan Gambir, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Single

Sebelum filmnya muncul, Panasdalam juga akan mengeluarkan single dengan judul yang sama. Single tersebut akan dikeluarkan bersamaan dengan keluarnya film Koboy Kampus.

Pidi Baiq mengatakan, film Koboy Kampus diadopsi dari lagu-lagu karyanya yang diciptakan saat masih menjadi mahasiswa. Bersama The Panasdalam Bank.

Lagu Koboy Kampus cukup unik karena musiknya tidak terpaku pada satu jenis musik. "Tergantung. Kita juga tidak tergantung pada satu genre. Yang pasti enak didengar lah," ujar Pidi Baiq.

 

3 dari 3 halaman

Bukan Materi

Sama seperti halnya Dilan 1990, untuk film Koboy Kampus semua teknis dan ceritanya memang diarahkan oleh Pidi Baiq. Dirinya pun mengaku tak mengejar materi untuk membuat film ini. Apalagi, film Dilan 1990 sukses dan mendatangkan penghasilan yang lumayan banyak.

"Awalnya ya karena ada uang mau di-apain nih, akhirnya bikin film Koboy Kampus. Nah Warner yang bikin albumnya. PH untuk film ada Bianglala dan 69 Production," terang Pidi Baiq. 

Dalam film Koboy Kampus  para personel The Panasdalam Bank seperti  Alga, Erwin, Nandang, Roy, Boiq, Nawa, dan Eeng akan ikut terlibat.  "Tokohnya personel awal. Main film pelengkap karena mereka kan pelaku sejarah," ucap Pidi Baiq.

The Panasdalam didirikan pada 18 Agustus 1995 di salah satu ruangan kuliah yang ada di kampus ITB. Pidi Baiq pun menjelaskan arti The Panasdalam.

"Jadi, The Panasdalam itu akronim sebetulnya. The-nya dari atheis, Pa-nya dari paganisme, Nas-nya dari Nasrani, Da-nya dari Hindu-Buddha, Lam-nya dari Islam, begitu," pungkas Pidi Baiq.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini