Sukses

Sarwendah Mewanti-wanti agar Wanita Waspada Kanker Serviks

Sebelum menikah dengan Ruben Onsu, Sarwendah telah memeriksakan diri agar terhindar dari kanker serviks.

Liputan6.com, Jakarta Kanker serviks jadi momok menakutkan bagi setiap wanita, termasuk Sarwendah. Oleh karenanya, sejak dini ia memeriksakan diri agar terhindar dari penyakit tersebut. Bahkan sebelum menikah dengan Ruben Onsu, Sarwendah telah memeriksakan hal tersebut ke rumah sakit.

"Dulu aku sebelum nikah sudah cek dulu," ujar Sarwendah kala ditemui di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Sabtu (21/4/2018).

Menurut kebanyakan orang di Indonesia, memeriksakan hal tersebut adalah hal yang tabu. Namun bagi Sarwendah itu merupakan keharusan. Sebab menurut Sarwendah, lebih baik mencegah daripada mengobati.

"Mungkin orang tabu dan takut ngelihatnya “ngapain sih cek dulu? Jangan-janagan hamil duluan ya...” biasa kan orang suka negative thinking. Kita cek karena sebelum jadi pasangan suami istri kan kita nggak tahu tubuh kita ini kenapa. Jadi lebih baik dicegah dulu, cek dulu," ujar Sarwendah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Suntik Pencegahan

"Aku sudah suntik cegah kanker serviks dua kali, kan harus tiga kali, tapi pas yang kedua itu aku hamil dan ngga bisa lanjut suntik lagi. Jadi setelah melahirkan aku lanjut suntik lagi tiga kali," sambung Sarwendah.

3 dari 4 halaman

Banyak Membaca

Sarwendah melakukan ini setelah dirinya membaca tentang bahaya kanker serviks. Terlebih saat itu, jarang orang yang mengerti dan paham tentang kanker serviks.

"Kan waktu itu orang belom begitu ngerti tentang kanker serviks. Setelah aku baca-baca ternyata hal-hal yang simple itu berbahaya. Akhirnya aku suntik," kata Sarwendah.

 

4 dari 4 halaman

Jangan Malu

Sawendah berharap, wanita saat ini peduli dengan kesehatannya terutama dari kanker serviks. Tak perlu malu untuk memeriksakan hal tersebut, demi mendapatkan tubuh yang sehat. "Intinya jangan malu, kan buat kesehatan. Kalau sehat kan enak," kata Sarwendah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini