Sukses

Mario Irwinsyah: Hijrah Itu Gampang, tapi...

Mario Irwinsyah pun menjawab bahwa hijrah itu mudah, tapi ada satu hal yang membuatnya menjadi begitu menantang.

Liputan6.com, Jakarta Mario Irwinsyah menjadi pemandu acara dalam 'Hangout Hijrah Menjaga Lisan' di Masjid Bintaro Jaya Xchange Mall, Minggu, (8/4/2018). Dalam kesempatan itu, peserta yang hadir diperbolehkan bertanya langsung kepada ustaz yang menjadi pembicara terkait berbagai masalah.

Di acara tersebut, ada seseorang yang bertanya tentang hijrah. Mario Irwinsyah pun menjawab bahwa hijrah itu mudah. Ditemui usai acara tersebut, Mario Irwinsyah menjelaskan lebih lanjut soal kalimatnya tersebut.

"Kalau dari pertanyaan dia, tolong jangan sedikit pun mengubah pernyataan saya. Hijrah tuh gampang, buat perempuan pakai aja jilbabnya, buat laki-laki tumbuhin aja jenggotnya, kalau enggak tumbuh jenggotnya, cingkrangin aja celananya, gampang!" kata Mario Irwinsyah.

Namun belum selesai kalimatnya, ia segera melanjutkan bahwa sejatinya ada yang lebih sulit untuk seseorang berhijrah. Yaitu soal istiqomah.

"Yang susah kan bukan itu, yang susah itu niatnya, mulainya, kalau dua-duanya bisa diatasi, masalah ketiganya belum, istiqomah," lanjut Mario Irwinsyah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tiga Pilar Istiqomah

Perkara istiqomah, Mario Irwinsyah juga mengatakan kalau ada beberapa pilar penting yang mempengaruhi istiqomah.

"Nah itu makanya di sini dibilang hijrah itu gampang, yang susahnya apa? Ketika mau istiqomah ada tiga lagi pasal yang butuh disiapkan. Satu, niatnya, meluruskan niat. Dua surrounding (sekeliling). Tiga, pembimbing," katanya lagi.

3 dari 4 halaman

Teman yang Mengingatkan

Dari situ, saat ini Mario Irwinsyah lebih selektif dalam lingkungan pertemanan. Ia bahkan mengatakan lebih memilih satu teman yang mengajak kebaikan ketimbang sepuluh teman yang negatif.

"Surrounding itu siapa? Teman. Satu teman yang alim dibandingin sama sepuluh teman yang lima dzolim yang lima lagi biasa aja, mendingan yang satu. Tapi satu bisa ngingetin salat, (jangan) gibah, sedekah," lanjut Mario Irwinsyah.

4 dari 4 halaman

Pegang Teguh Prinsip

Namun, semuanya dikembalikan lagi kepada pribadi masing-masing. Yang pasti, saat ini ia memegang teguh prinsipnya untuk menjalin hubungan dengan satu teman yang positif, daripada banyak teman tetapi membawa ke arah negatif.

"Tapi ya silakan pilih dengan hatinya sendiri, lebih enak punya teman yang mana. Sementara apa yang gue percaya sekarang, temen yang satu tadi kalau dia masuk surga dan dia enggak nemu gue, dia bisa nyari, siapa tahu gue diajak ke surga. Aamiin," katanya mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini