Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

Transformers: The Last Knight Tiru 5 Kartun Ini

Liputan6.com, Jakarta - Transformers: The Last Knight telah tiba di bioskop Tanah Air dan tentunya banyak pihak yang telah membicarakan film fiksi laga satu ini. Terutama bagi fans Bumblebee dan Optimus Prime yang sukses mencuri hati penonton.

Kisah Transformers: The Last Knight menyorot aksi para Autobot dan Cade Yeager setelah Optimus Prime terbang menuju Cybertron. Manusia memiliki tim pemburu Transformers yang terus jatuh ke Bumi dan Cade menemukan artefak kuno yang memegang peranan besar di era Raja Arthur di Inggris.

Transformers: The Last Knight. (Paramount Pictures)

Semua masalah itu lalu berfokus pada satu hal yang mengancam umat manusia: Cybertron berusaha menyatu dengan Bumi. Hanya Cade, profesor cantik bernama Viviane, dan Optimus Prime yang mampu menghentikan kengerian itu.

Di balik dahsyatnya efek visual dan cerita yang disajikan, Transformers: The Last Knight ternyata banyak mengambil inspirasi dari beberapa film kartun. Tentu saja kartun yang menjadi ilhamnya juga merupakan seri Transformers. Lantas, kartun mana sajakah itu? Simak selengkapnya berikut ini.

Simak juga video menarik di bawah ini:

2 dari 6 halaman

The Transformers (1984)

Serial kartun The Transformers yang pertama mengudara pada 1984 merupakan akar dari kisah-kisah Transformers yang ada selama ini, termasuk serial animasi terbaru serta kelima film hidupnya.

Transformers: The Last Knight yang merupakan film hidup kelima sekaligus terbaru, banyak menyerap unsur-unsur dalam serial The Transformers. Desain helm Megatron di The Last Knight berasal dari tampilan klasik kartun tersebut.

Aslinya, Megatron didesain untuk memiliki helm berbentuk 'kepala ember' tersebut di film pertama Transformers yang rilis pada 2007. Namun begitu, para sineas menganggap tampilannya kurang mengancam dan memutuskan untuk memberikannya kepada Starscream.

The Transformers (1984). (nerdsloth.com)

Serial The Transformers juga mengilhami pemberian nama pencipta para Transformer yang muncul di film The Last Knight, Quintessa. Dalam kartun The Transformers, Quintessa merupakan nama kampung halaman pencipta Transformers yang bernama Quintessons.

Ketika Quintessa mengubah Optimus Prime menjadi kaki tangannya, adegan tersebut mengambil inspirasi dari episode The Transformers berjudul "Dark Awakening". Di situ, Quintessons memprogram ulang Optimus Prime untuk memenuhi keinginan mereka.

Kemunculan King Arthur dan Knights of Camelot di awal film, diketahui merupakan bentuk penghormatan terhadap kartun The Transformers episode "A Decepticon Raider in King Arthur's Court". Dalam kisah kartunnya, para Autobot dan Decepticon terjebak ke Inggris di masa lalu pada era ksatria penyihir, dan naga Camelot.

3 dari 6 halaman

Beast Machines: Transformers (1999)

Masih menyorot Megatron, desainnya dalam The Last Knight merupakan bentuk penghormatan terhadap karakter anak buahnya, letnan Cyclonus, di The Transformers.

Keduanya memiliki tanduk di helm mereka dan sama-sama berubah menjadi pesawat jet Cybertron. Namun, Megatron terlihat mengenakan pelat muka yang terinspirasi dari kartun Beast Machines: Transformers.

4 dari 6 halaman

Transformers: Animated (2007)

Karakter Bulldog yang menjelma sebagai tank Mark IV diambil berdasarkan Transformers berbentuk tank bernama Warpath yang ada di seri kartun The Transformers serta Blitzwing yang diambil dari kartun Transformers: Animated (2007).

5 dari 6 halaman

Transformers: Robots in Disguise (2014)

Dalam The Last Knight, Cade Yeager dan para Autobot menggunakan tempat penampungan barang-barang rongsokan sebagai markas. Unsur tersebut berasal dari kartun Transformers: Robots in Disguise yang mengudara pada 2014. Dalam kartunnya, para Autobot juga menggunakan tempat barang-barang bekas sebagai markas dengan bantuan pemiliknya yang merupakan manusia.

Karakter Onslaught dalam kartun The Transformers (1984) merupakan kendaraan militer anti-pesawat terbang. Namun dalam film ini diubah menjadi truk derek Western Star. Lalu, warna hijau yang diberikan terinspirasi dari karakter dari Autobot, truk derek hijau bernama Tow-Line, yang muncul di kartun Transformers: Robots in Disguise (2000).

6 dari 6 halaman

Transformers: Energon (2004)

Desain karakter Quintessa diambil dari Alpha Q dalam serial kartun Transformers: Energon (2004). Ia memiliki bagian tubuh atas humanoid dengan tentakel sebagai kakinya. Namun, ada sentuhan desain Quintesson dari kartun The Transformers untuk wajahnya yang ditambah dengan hiasan kepala.

Potongan kepala Quintessa juga menggabungkan elemen-elemen dari lambang Autobot dan Decepticon yang mencerminkan perannya sebagai pencipta Transformers.

Loading