Sukses

Masih Terdengar Lantunan Ayat Suci di Lagu, CL 2NE1 Diprotes

Liputan6.com, Jakarta Lagu "Mentalbreakdown" dirilis 2014 silam sebagai karya solo CL, ada di album 2NE1. Proyek musik artis dengan nama asli Lee Chae Rin itu bernuansa R&B, sempat jadi kontroversi karena background lagunya mengambil bacaan Al Quran.

Setelah ditelaah, ayat Al Quran yang terdengar alam lagu "Mentalbreakdown" adalah Surat An-Naba ayat 32-34. Di lagu aslinya, pada menit 2:55, kata yang kontroversial tersebut terdengar diiringi dengan alunan musik berbau Arabian.

Tak lama, YG Entertainment selaku agensi yang mengasuh CL menghapus lafal Alquran dari lagu tersebut. Bahkan, lagu revisi yang telah dinyanyikan ulang oleh CL telah diunggah ke situs berbagi video YouTube. Namun hingga saat ini, pihak YG belum mau memberikan komentar mengenai masalah tersebut.

Sayangnya, lagu tersebut terdengar lagi dalam penampilan CL, baru-baru ini. Seorang penggemar mengunggah video amatir penampilan CL di Seattle, Amerika Serikat, 31 Oktober 2016. Penampilan CL langsung mendapatkan kritikan pedas dari netizen.

Rupanya musik yang menampilkan bacaan ayat Alquran itu masih terdengar saat CL beraksi. Beberapa penggemar CL pun protes karena sang idola masih menggunakan musik yang seharusnya `bersih` dari bacaan kitab suci umat Islam, diwartakan NetizenBuzz. Senin (7/11/2016).

Dalam video yang diunggah, terdengar musik dengan bacaan Alquran di menit 1.00 hingga 1.08. Selain itu, musik itu juga muncul lagi di menit 1.58 hingga 2.04.

"Banyak yang mengatakan, lagu ini akan terdengar indah karena ada bagian musik etniknya. Padahal, itu adalah bacaan ayat suci Al Quran. Jadi, tak terdengar indah karena dia menyanyikannya sambil twerking," sebut pengguna dengan akun Alexandra.

Lee Chae Rin atau yang lebih dikenal sebagai CL, pentolan girlband 2NE1 (foto: Weiboo)

Akun Sherry menambahkan, "fakta anak laki-laki membaca Al Quran dengan sungguh-sungguh membuatku merinding. Lalu, menambahkannya di lagu pop, membuatku sangat kesal. Padahal, aku bukan menganut agama ini, tapi aku merasakan mereka."

Namun banyak juga yang tak menyadari, musik etnik dengan nuansa Aran itu adalah bacaan Alquran. Bacaan Alquran dari seorang anak laki-laki di lagu "Mentalbreakdown" terdengar sekilas.

"Saya baru sadar suara anak laki-laki membaca Al Quran di lagu ini. Tadinya, saya sama sekali tak menyadarinya karena tercampur dengan musik dan suara CL," komentar akun heffanie.