Sukses

Kesamaan Cerita Serial-serial Turki dengan Karakter Bernama Elif

Rupanya ada kesamaan jalan cerita dalam serial Turki yang tayang di Indonesia dengan nama karakter Elif. Seperti apa ceritanya?

Liputan6.com, Jakarta Serial Turki tengah mewabah di layar kaca di Indonesia sejak sekitar 2014 hingga kini. Ramai-ramai stasiun televisi di Tanah Air menayangkan Serial Turki dengan berbagai judul.

Namun salah satu yang dianggap paling populer adalah Serial Elif yang tayang di SCTV. Saat ini, penayangannnya pun sudah memasuki musim kedua.

Rupanya nama Elif dianggap populer hingga beberapa Serial Turki lainnya menggunakan Elif sebagai nama karakter utamanya.

Lucunya, beberapa Serial Turki dengan karakter nama Elif yang tayang di Indonesia memilliki benang merah atau persamaan satu sama lainnya dalam hal jalan cerita.

Konflik rumah tangga hingga musuh yang menyerang keharmonisan keluarga menjadi masalah yang biasa muncul di Serial Turki. Selain itu, kehadiran wanita lain di dalam sebuah keluarga juga dianggap menghancurkan rumah tangga karakternya. Seperti apa benang merah yang ada di Serial Turki?

 Keluarga Emiroglu yang senang dengan hadiah dari Bali yang dibawakan oleh Zaenab dan Salim yang baru pulang bulan madu.

Anak kandung yang Dilahirkan dari wanita lain

Serial Elif mengisahkan gadis kecil bernama Elif Simsek (diperankan Isabella Damla Guvenilir) harus terpisah dari ibunya yang sedang sakit. Elif mengalami nasib malang karena menghadapi ayah tirinya yang kejam Veysel Şimşek (Hasan Ballıktaş). Suami dari ibunya itu ingin menjual Elif untuk membayar utang-utangnya karena berjudi. Saat Elif berusia 6 tahun, ibunya, Melek Simsek (Selin Sezgin) tengah sakit hingga terpaksa menyerahkan dia ke sahabatnya Ayşe Doğan (Ozanay Alpkan).

Bintang Serial Elif dan kru saat mulai memasuki kantor Liputan6.com, Jakarta, Senin (24/8/2015). Bintang Serial Elif akan menjadi pengisi acara di malam puncak HUT ke-25 SCTV. (Liputan6.com/Faisal R Syam)

AyÅŸe adalah pembantu di rumah keluarga kaya raya bernama Emiroglu yang ternyata tempat Melek bekerja. AyÅŸe rupanya menyimpan rahasia besar Melek bahwa Elif adalah anak kandung hasil hubungan cinta Melek dengan Kenan Emiroglu (Altug Seckiner), putra pertama di keluarga tersebut. Padahal, Kenan telah menikah dengan wanita bernama Arzu, memiliki anak yang dinamakan Tugce.

Anak kandung yang dilahirkan dari rahim wanita lain juga ada dalam cerita Belahan Jiwa Kahraman yang tayang di stasiun televisi tetangga dengan judul asli Kaderimin Yazildigi Gün. Di serial Turki itu, diperankan Özcan Deniz sebagai Kahraman dan Hatice Şendil (Elif), serta Begüm Kütük (Define). Sesuai dugaan, karakter utama di foilm ini adalah Kahraman dan ELif.

Kaderimin Yazildigi Gün yang tayang di Indonesia dengan judul Belahan Jiwa Kahraman.

Ceritanya bermula dengan keluarga Yorukhan mulai menyindir pasangan Kahraman (Özcan Deniz) dengan Define (Begüm Kütük) yang belum mendapatkan momongan. Istri Kahraman, Define sangat ingin memiliki anak dengan berbagai cara. Ia kemudian memutuskan untuk menyewa seorang wanita untuk mengandung bayi Kahraman.

Rencana yang telah Define buat tak disetujui oleh Kahraman. Namun sang ibu, Kiymet (Gül Onat) membujuk Kahraman hingga akhirnya menyutujui rencana Define itu. Akhirnya dipilihlah seorang gadis muda dan cantik yang bernama Elif (Hatice Şendil).

Karakter Elif yang membawa benih Kahraman dalam Kaderimin Yazildigi Gün

Penyiksaan Selama Dipenjara

Dalam serial Elif yang tayang di SCTV, pemeran Melek--ibunda Elif--pernah masuk ke penjara. Alasannya, Melek dijebak oleh Arzu. Hidup Melek di penjara sangat malang karena mendapatkan siksaan dari beberapa narapidana wanita lain, mulai dari dijadikan pembantu hingga dipukuli.

Kisah Melek makin tragis saat dua narapidana wanita menaruh dendam kepadanya hingga terus memb-bully ibunda Elif. Rupanya, kebencian yang mengakar itu membuat mereka menyerang Melek yang tengah berada di dalam toilet. Kepala Melek terbentur lantai hingga keadaannya sangat parah, membuatnya dilarikan ke rumah sakit terdekat.

 Melek yang tengah dipenjara kaget dengan kunjungan Kenan

Narapidana lain yang merasa kasihan dengan Melek karena kebaikan hatinya kesal dengan tingkah dua penjahat itu. Akhirnya, kedua penjahat yang menyerang Melek pun dihajar hingga babak belur oleh narapidan lainnya yang membela ibu Elif itu.

Kisah Melek dalam serial Elif rupanya juga hampir sama dengan nasib Elif di Serial Turki Cinta Elif atau judul aslinya Kara Para Ask. Serial ini mengisahkan mengenai dua orang yang bersatu saat kemalangan menimpa mereka. Adalah gadis bernama Elif yang kehilangan ayahnya di hari ulang tahunnya. Saat ditemukan, ayah Elif rupanya ditembak di mobilnya. Di samping ayah Elif ada sesosok gadis, ternyata merupakan tunangan detektif Omer.

Karakter Elif dan Omer dalam Serial Turki Kara Para Ask

Omer yang terkejut berjanji akan mengungkap pembunuh tunangannya. Elif pun memiliki misi yang sama dengan Omer hingga akhirnya mulai tumbuh rasa cinta di antara keduanya, mengungkap kejahatan yang membuat kehidupan mereka berubah. Di Turki, Cinta Elif telah tamat. Sedikit bocoran serial Kara Para Ask: Elif ditangkap polisi, lagi.

Kali ini, bukan karena tertangkap atas rekayasa Tayyar Dundar. Elif ditangkap atas kejahatan lainnya, bahkan disebutkan melukai orang lain.

Elif yang diserang oleh narapidan lain dibawa Omer ke rumah sakit setempat.

Selama di penjara, Elif juga sempat menerima perlakuan tidak menyenangkan dari seorang narapidana yang tampaknya iri dengan hidup wanita berambut panjang itu. Saat Elif di dalam toilet, Elif ditusuk oleh narapidana itu. Elif ditemukan tak lama setelah hampir kehabisan darah. Elif pun langsung diraikan ke rumah sakit setempat.

Sementara, penyerang Elif mendapatkan balasan yang setimpal. Elif yang baik hati dan ramah membuat narapida lainnya bersimpati. Mereka ramai-ramai menghajar penyerang Elif hingga babak belur.(Des/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini