Sukses

Nikita Mirzani Ikut Adat Ma' Nene, Ganti Baju Mayat 60 Tahun

Niki juga mengikuti salah satu adat kebudayaan Tana Toraja yang unik bernama Ma' Nene.

Liputan6.com, Jakarta Nikita Mirzani sedang menikmati indahnya alam Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Artis dan bintang film seksi itu tampak mengunggah foto-foto dirinya ketika bercengkrama dengan alam dan kebudayaannya. Niki juga mengikuti salah satu adat kebudayaan Tana Toraja yang unik bernama Ma' Nene.

sumber foto: Instagram Nikia Mirzani

Ini adalah budaya mengganti pakaian mayat leluhur yang sudah lama terkubur. Banyak orang sering menyebut upacara unik ini dengan sebutan `Walking Dead`. Dalam kesempatan itu, Niki ikut mengabadikan momen unik dan tak terlupakan ini.

sumber foto: Instagram Nikia Mirzani

Sebuah foto diunggah Niki ke Instagram belum lama ini. Foto itu menunjukkan mayat seorang nenek yang sudah puluhan tahun terkubur. "The mummy return , tradisi ma' nene' , setelah Di Taruh Di goa selama 60 thn, akhir Nya nenek Ini Di gantiin baju dr sanak sodara, #nikitamirzanimawardi #nikitrip #lovelytoraja #myadventure #exploreindonesia," tulisnya.

Mayat nenek itu tampak dipegang oleh salah satu tetua Toraja yang bertugas. Setelah tanah dan kotoran yang menepel dibersihkan dengan kuas dan kain basah. Si nenek diganti pakaiannya, lalu dibaringkan kembali ke kuburnya. Ritual ini dipercaya berkaitan dengan serangkaian proses panen yang berlimpah.

sumber foto: Instagram Nikia Mirzani

Tak hanya itu saja, Niki juga berkunjung ke kuburan Goa Batu Londa. Londa adalah semacam kawasan pemakaman kubur batu atau tempat menyimpan mayat bagi leluhur Toraja dan keturunannya. Di foto itu tampak makam berbentuk gua batu yang terletak di atas tebing. Niki berfoto di bawahnya. Meski berada di kawasan pekuburan, Niki tetap berbaju seksi.

sumber foto: Instagram Nikia Mirzani

"Horror mode on," tulis Niki. Di potret itu Niki juga mengenakan ikat kepala tenun khas orang Toraja.

Foto-foto lain juga menunjukkan Niki begitu antusias. Niki juga mengabadikan momen ketika ia memakai pakaian adat Tana Toraja berwarna merah. Pakaian adat ini bernama baju Pokko. (Put/fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini