Sukses

Mengenal 3 Komika Jagoan di Stand Up Comedy Academy 2015

SUCA menaikan pamor stand up comedy lebih luas ke masyarakat awam yang bisa menjangkau siaran Indosiar.

Liputan6.com, Jakarta Pamor Stand Up Comedy kini tengah terang benderang kembali. Tepatnya sejak Indosiar berinisiatif menayangkan kompetisi bagi pelawak tunggal ini bertajuk Stand Up Comedy Academy (SUCA) sebagai acara andalannya di jam prime time sejak Senin, 5 Oktober lalu. Ajang ini dulunya lekat dengan stasiun televisi tetangga.

Indosiar membawa angin segar buat komika-komika baru dijagat stand up comedy lewat Stand Up Comedy Academy 2015. Tak hanya jadi ajang wahana menyalurkan kemampuan ber-komika, SUCA juga menaikan pamor stand up lebih luas ke masyarakat awam yang bisa menjangkau siaran televisi Indosiar.

Untuk kompetisi awal ini, SUCA menghadirkan 24 peserta yang lolos audisi seleksi yang digelar September lalu di 4 kota besar yaitu Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Jakarta. Dari 24 nama tersebut akan dipilih 16 orang yang akan masuk ke Babak 16 Besar.

Baru tayang 2 minggu, SUCA yang hadir tiap hari Senin-Kamis mulai jam 8 malam ini, sudah menghadirkan 3 nama jagoan atau favorit pemirsa dan jadi perbincangan di lini masa sosial media. Tiga nama tersebut adalah Yudha Keling, Lufi Ipul dan Musdalifah Basri.

Baca juga:

Kenapa Indosiar Baru Sekarang Angkat Stand Up Comedy Academy?

Cari Comic Baru, Indosiar Kemas Berbeda Stand Up Comedy Academy

Eko Patrio: Stand Up Comedy Indosiar Tontonan yang Menuntun 

Muzdalifah Akui Sering Tak Lucu Jika sedang Stand Up Comedy 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Yudha Keling

Nama Yudha Keling sudah cukup dikenal kalangan comic lovers, sebab sebelumnya pernah menjadi kontestan di Stand Up Comedy Indonesia season 4. Dengan kulit wajahnya yang hitam keling, pria bernama lengkap Yudha Ramadhan ini selalu sukses mengocok perut penonton.

Terlebih Raditya Dika, selaku juri membocorkan jika Yudha telah memiliki kekasih yang parasnya mirip aktris Laudya Cynthia Bella. Keruan saja, banyak orang yang tak percaya. Apalagi ia mengaku baru saja merayakan hari jadi ke-29 bulan dengan sang kekasih.

Yudha dengan akun @yudhakhel sudah memiliki follower Twitter sebanyak 58 ribuan ini jadi makin seru karena reaksinya yang lucu saat dijadikan bahan ledekan juri dan 3 host SUCA yakni Gading Martin, Andhika Pratama dan Gilang Dirga.

3 dari 4 halaman

Lutfi Ipul

Sementara itu, peserta Lufi Ipul juga langsung jadi favorit pemirsa. Gayanya saat stand up mengingatkan kita pada Dodit Mulyanto, komika yang juga jebolan SUCI season 4.

Ipul, begitu host, juri, mentor dan peserta lainnya akrab memanggil pria 'aneh' ini, adalah nama yang paling sering dimention di Twitter saat SUCA tayang. Cowok asal Tegal ini selalu berhasil bikin ngakak dengan gayanya yang lugu dengan muka datar tanpa ekspresi.

Namun, jangan salah sangka. Materi lawakannya selalu mendapat komentar "Grrrrrrr, berantakan!" dari para juri dan mentor yang berarti pecah atau kompor gas dalam istilah stand up comedy di TV tetangga.

Uniknya lagi, Ipul mempunyai akun Twitter bernama @LufiasBlack dengan kode lokasi Azkaban. Lufias Black bisa jadi adalah plesetan dari Lucius Black, salah satu tokoh di cerita novel dan film Harry Potter.

4 dari 4 halaman

Musdalifah Basri

Dan terakhir ada Musdalifah Basri, gadis berjilbab asal Pinrang, sebuah kota kabupaten di Makasar, Sulawesi Selatan. Nama Musdalifah menjadi tenar setelah tembus trending topic twitter pada penampilan perdananya di minggu pertama.

Ia langsung dianggap kuda hitam meski tak punya banyak pengalaman di ajang stand up comedy. Musdalifah sendiri mengakui keikutsertaannya di SUCA sebagai pelariannya dari kampung.
Menurut ceritanya, sesuai tradisi Pinrang, gadis yang sudah lulus SMA harus bersiap menikah.

Musdalifah yang tak mau menikah muda, kabur dan mengikuti ajang SUCA. Ia bahkan juga ingin menjajal Dangdut Academy atau D'Terong Show jika gagal masuk 16 Besar. Apapun itu, kini nama Musdalifah sudah dikenal banyak orang karena SUCA.

Mungkin terlalu dini memprediksi Yudha, Ipul dan Musdalifah akan melaju hingga ke final. Namun, 3 nama ini rasanya memang layak dijagokan karena sangat populer di jagat maya. Atau menurut anda, ada nama lain? (Puji/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.